Ridasari, Guci and Muchlis, Effie Efrida and Maizora, Syafdi (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE PRE SOLUTION POSING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 09 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI.pdf [thumbnail of SKRIPSI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta
didik melalui penerapan model pembelajaran problem posing tipe pre solution
posing di kelas VII SMPN 9 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian
tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII E
SMPN 9 Kota Bengkulu yang berjumlah 22 peserta didik. Instrumen yang
digunakan adalah lembar observasi aktivitas dan tes hasil belajar peserta didik.
Aktivitas belajar peserta didik ditingkatkan dengan cara sistem pembelajaran
individu dan pemberian lembar soal. Peningkatan aktivitas belajar peserta didik
dapat dilihat dari skor rata-rata aktivitas peserta didik dari siklus I sampai siklus
III yaitu: 16,63 (cukup aktif), 23,00 (cukup aktif), 26,13 (aktif). Sedangkan hasil
belajar peserta didik dapat ditingkatkan dengan cara memberikan contoh soal
berdasarkan model pembelajaran problem posing tipe pre solution posing,
membahas contoh soal bersama-sama serta membimbing peserta didik yang masih
mengalami kesulitan dalam membuat dan menjawab soal pada pembelajaran. Peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari peningkatan nilai rata�rata peserta didik dari siklus I sampai siklus III, yaitu: 63,13; 73,45; 84,17 dengan
persentase ketuntasan hasil belajar klasikal dari siklus I sampai siklus III yaitu:
45%; 67%; 86%.
Kata Kunci: Problem Posing Tipe Pre Solution Posing: Aktivitas peserta didik;
Hasil Belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 08:11 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 08:11 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13868 |