Veliesa, Gyzka and Hannifah, Hannifah and Maulidiya, Della (2018) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER MENGGUNAKAN MODEL GUIDED DISCOVERY PADA MATERI GARIS DAN SUDUT DI KELAS VII SMP NEGERI 2 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Gyzka (A1C014032)-SKRIPSI.pdf [thumbnail of Gyzka (A1C014032)-SKRIPSI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Gyzka (A1C014032)-SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (39MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis
Pendidikan Karakter Menggunakan Model Guided Discovery pada Materi Garis
dan Sudut Di Kelas VII SMP Negeri 2 Kota Bengkulu yang memenuhi kategori
valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan
(Research and Devolopment) dengan memodifikasi prosedur 4D Thiagarajan
menjadi 3 tahapan yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design),
dan tahap pengembangan (develop) yang terdiri dari uji validitas, kepraktisan, dan
efektifitas. Validasi LKPD dilakukan oleh dua orang validator. Kepraktisan LKPD
diuji pada dua belas peserta didik di kelas VII H SMP Negeri 2 Kota Bengkulu.
Efektifitas LKPD diuji pada tiga puluh tiga peserta didik di kelas VII G SMP
Negeri 2 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2017/2018. Instrumen
penelitian terdiri dari lembar validitas, kepraktisan, dan efektifitas. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa : Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendidikan
Karakter Menggunakan Model Guided Discovery pada Materi Garis dan Sudut Di
Kelas VII SMP Negeri 2 Kota Bengkulu termasuk dalam kategori: (a) valid
berdasarkan 36 butir pernyataan aspek materi, konstruksi, dan bahasa dengan skor
rata-rata 148,5, (b) sangat praktis berdasarkan 9 butir pernyataan kepraktisan
LKPD dengan skor rata-rata 40,13, dan (c) efektif berdasarkan : 1) respon peserta
didik yang terdiri dari 11 butir pernyataan dengan skor rata-rata 47,10 dalam
kategori sangat baik; 2) aktivitas peserta didik yang terdiri dari 11 butir
pernyataan dengan skor rata-rata 46,25 dalam kategori sangat baik; 3) aktivitas
pendidik yang terdiri dari 10 butir pernyataan dengan skor rata-rata 43,13 dalam
kategori sangat baik; dan 4) hasil belajar peserta didik mencapai ketuntasan
klasikal 84,85 %.
Kata Kunci : Lembar Kerja Peserta Didik, Pendidikan Karakter, Guided
Discovery
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 08:14 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 08:14 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13869 |