Istiqomah, Ida and Fachruddin, M. and Della, Maulidiya (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TS–TS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII A DI SMP NEGERI 13 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![A1C014027_SKRIPSI.pdf [thumbnail of A1C014027_SKRIPSI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
A1C014027_SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan aktivitas
belajar matematika siswa, dan untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan
hasil belajar matematika siswa dengan penerapan pembelajaran kooperatif Tipe
Two Stay Two Stray (TS-TS). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas
(Classroom Action Research) dengan teknik pengumpulan data melalui lembar
observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah
siswa kelas VII A SMP Negeri 13 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2017/2018 yang
terdiri dari 30 siswa. Penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penerapan
pembelajaran kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) pada pembelajaran
matematika pokok bahasan segiempat dan segitiga dapat meningkatkan aktivitas
dan hasil belajar siswa. Peningkatan aktivitas siswa pada siklus I adalah 16.5
dengan kriteria cukup aktif, pada siklus II mencapai 21.6 dengan kriteria cukup
aktif dan siklus III mencapai 27 dengan kriteria aktif. Sedangkan untuk
peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata – rata tes hasil belajar
siswa pada siklus I mencapa 58,42; pada siklus II mencapai 76,97; dan pada siklus
III mencapai 80.93. Ketuntasan Klasikal pada siklus I hanya mencapai 16,67%;
pada siklus II mencapai 63,33%; dan siklus III mencapai 83,33%.
Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif, Two Stay Two Stray (TS – TS), Aktivitas
Siswa, Hasil Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 08:34 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 08:34 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13879 |