PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MATEMATIKA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK GARIS SINGGUNG LINGKARAN KELAS VIII DI SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU

Sari, Intan Permata and Maulidiya, Della and Agus, Susanta (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MATEMATIKA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK GARIS SINGGUNG LINGKARAN KELAS VIII DI SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI FKIP MATEMATIKA_INTAN PERMATA SARI_A1C014029.pdf] Text
SKRIPSI FKIP MATEMATIKA_INTAN PERMATA SARI_A1C014029.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (21MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik
matematika berbasis model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk garis singgung
lingkaran kelas VIII di SMP Negeri 11 Kota Bengkulu yang memenuhi kriteria
valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan
(Research and Development) dengan memodifikasi prosedur 4-D Thiagarajan
menjadi 3 Tahapan yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design),
dan tahap pengembangan (develop) yang terdiri dari uji validitas, uji kepraktisan,
dan uji efektifitas. Validasi LKPD dilakukan oleh dua orang validator.
Kepraktisan LKPD diuji pada lima belas peserta didik kelas VIII C SMP Negeri
11 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2017/2018. Efektifitas LKPD
diuji pada tiga puluh dua peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 11 Kota
Bengkulu semester genap tahun ajaran 2017/2018. Instrumen penelitian terdiri
dari lembar validitas LKPD, lembar kepraktisan LKPD, dan lembar efektifitas
LKPD. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pengembangan LKPD Matematika
Berbasis Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Garis Singgung
Lingkaran Kelas VIII di SMP Negeri 11 Kota Bengkulu termasuk dalam kategori
: (a) sangat valid berdasarkan aspek materi, konstruksi dan bahasa dengan skor
rata-rata 113, (b) sangat praktis dengan skor rata-rata 51,09, (c) efektif
berdasarkan : (1) aktivitas peserta didik dengan skor rata-rata 30,17 dalam
kategori sangat baik; (2) aktivitas pendidik dengan skor rata-rata 34,5 dalam
kategori sangat baik; (3) respon peserta didik dengan skor rata-rata 43,76 dalam
kategori sangat baik; dan (4) hasil belajar peserta didik mencapai ketuntasan
klasikal 93,75%.
Kata Kunci : Inkuiri Terbimbing, Lembar Kerja Peserta Didik, Penelitian
Pengembangan

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 24 Jul 2023 08:41
Last Modified: 24 Jul 2023 08:41
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13882

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200