PERBANDINGAN MODEL KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) DAN TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DITINJAU DARI HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK DI KELAS VII SMP N 19 KOTA BENGKULU

Fahmad, Lathifah Permatasari and Fachruddin, M. and Syafdi, Maizora (2018) PERBANDINGAN MODEL KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) DAN TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DITINJAU DARI HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK DI KELAS VII SMP N 19 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI_LATHIFAH PERMATASARI F_A1C014044.pdf] Text
SKRIPSI_LATHIFAH PERMATASARI F_A1C014044.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar peserta didik yang
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange (RTE)
lebih dari hasil belajar peserta yang menggunakan model kooperatif tipe Two Stay
Two Stray (TSTS) di kelas VII SMP N 19 Kota Bengkulu. Penelitian ini
merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi pada penelitian ini adalah
seluruh peserta didik kelas VII SMPN 19 Kota Bengkulu Semester Genap Tahun
Ajaran 2017/2018. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling
sehingga diperoleh kelas VII D sebagai kelas eksperimen 1 dengan peserta didik
yang berjumlah 29 peserta didik yang mendapat perlakuan model pembelajaran
Rotating Trio Exchange (RTE) dan kelas VII C sebagai kelas eksperimen 2
dengan peserta didik yang berjumlah 30 peserta didik yang mendapat perlakuan
model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS). Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes hasil belajar (posttest) berupa
soal esai. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji-t diperoleh
nilai thitung yaitu 2,2384 dengan taraf nyata (α) = 5% dan dk = 57 menghasilkan
ttabel yaitu 2,0025 jadi thitung > ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar
peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Rotating
Trio Exchange (RTE) lebih dari hasil belajar peserta yang menggunakan model
kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) di kelas VII SMP N 19 Kota
Bengkulu.
Kata Kunci : Eksperimen, Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif, Rotating Trio
Exchange, Two Stay Two Stray.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 24 Jul 2023 08:53
Last Modified: 24 Jul 2023 08:53
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13888

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200