Jayanti, Meli Dwi and Maizora, Syafdi and Nurul, Astuty Yensy (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI.pdf [thumbnail of SKRIPSI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
melalui penerapan model pembelajaran Think Talk Write kelas VII SMP Negeri
11 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek
dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 11 Kota Bengkulu
yang berjumlah 28 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi
aktivitas dan tes hasil belajar peserta didik. Aktivitas belajar peserta didik
ditingkatkan dengan cara pembagian kelompok berdasarkan hasil belajar dan
perilaku peserta didik, menekankan bahwa setiap kelompok wajib memberikan
satu pertanyaan atau tanggapan pada saat presentasi kelompok. Peningkatan
aktivitas belajar peserta didik dapat dilihat dari skor rata-rat aktivitas peserta didik
dari siklus I sampai siklus III yaitu: 17,67 (cukup aktif), 21,75 (cukup aktif), 27,13
(aktif). Sedangkan hasil belajar peserta didik dapat ditingkatkan dengan cara
membuat LKPD dengan langkah dan pertanyaan-pertanyaan yang lebih
sederhana. Peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari peningkatan
nilai rata-rata peserta didik dari siklus I sampai siklus III, yaitu: 67,9; 73,9; 86,6
dengan persentase ketuntasan hasil belajar klasikal dari siklus I sampai siklus III
yaitu: 35,71%; 60,71%; 89,29%.
Kata Kunci: Think Talk Write: Aktivitas Siswa; Hasil Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 06:50 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 06:50 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13901 |