PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN LKPD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 9 KOTA BENGKULU

Agustina, Miska and Hanifah, Hanifah and Nurul, Astuty Yensy (2018) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN LKPD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 9 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI_MISKA AGUSTINA_A1C013067.pdf] Text
SKRIPSI_MISKA AGUSTINA_A1C013067.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil
belajar siswa dengan menerapkan pendekatan saintifik berbantuan LKPD. Subjek
Penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 9 Kota Bengkulu semester
ganjil 2017 / 2018 yang berjumlah 24 siswa. Jenis Penelitian adalah Penelitian
Tindakan Kelas ( PTK ) yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan alur
penelitian yaitu perencanaan, tindakan pengamatan dan refleksi. Instrumen yang
digunakan dalam Penelitian ini adalah Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ),
Lembar Observasi Aktivitas Siswa dan Tes Hasil Belajar. Hasil Penelitian
menunjukkan ( 1 ) penerapan pendekatan saintifik berbantuan LKPD dapat
meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan cara : menggunakan model
pembelajaran Kooperatif dalam proses belajar mengajar. Melatih keberanian
dalam mempresentasi hasil diskusi kelompok, memberikan motivasi kepada siswa
dan mengarahkan siswa dalam mengerjakan LKS dari kegiatan menanya sampai
mengkomunikasikan. Peningkatan Aktivitas siswa dapat dilihat dari rata – rata
skor pada lembar aktivitas siswa yang dapat dilihat dari siklus I, II dan II secara
berturut – turut 9,6 dengan kategori kurang aktif, 9,8 dengan kategori kurang
aktif, 17,75 dengan kategori aktif. ( 2 ) penerapan pendekatan saintifik
berbantuan LKPD memberikan bimbingan kepada siswa yang belum tuntas pada
tiap siklus. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari peningkatan nilai
rata – rata siswa dan persentase ketuntasan belajar klasikal dari siklus I hingga
Siklus III secara berturut – turut 56,75 dengan persentase ketuntasan 20,83%,
41,20 dengan persentase ketuntasan 38,87%, dan 59,83 deengan persentase
ketuntasan 70,83%.
Kata Kunci : Pendekatan Saintifik, LKS, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 25 Jul 2023 06:55
Last Modified: 25 Jul 2023 06:55
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13902

Actions (login required)

View Item
View Item