Agustina, Miska and Hanifah, Hanifah and Nurul, Astuty Yensy (2018) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN LKPD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 9 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
SKRIPSI_MISKA AGUSTINA_A1C013067.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.
Download (4MB)
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil 
belajar siswa dengan menerapkan pendekatan saintifik berbantuan LKPD. Subjek 
Penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 9 Kota Bengkulu semester 
ganjil 2017 / 2018 yang berjumlah 24 siswa. Jenis Penelitian adalah Penelitian 
Tindakan Kelas ( PTK ) yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan alur 
penelitian yaitu perencanaan, tindakan pengamatan dan refleksi. Instrumen yang 
digunakan dalam Penelitian ini adalah Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ), 
Lembar Observasi Aktivitas Siswa dan Tes Hasil Belajar. Hasil Penelitian 
menunjukkan ( 1 ) penerapan pendekatan saintifik berbantuan LKPD dapat 
meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan cara : menggunakan model 
pembelajaran Kooperatif dalam proses belajar mengajar. Melatih keberanian 
dalam mempresentasi hasil diskusi kelompok, memberikan motivasi kepada siswa 
dan mengarahkan siswa dalam mengerjakan LKS dari kegiatan menanya sampai 
mengkomunikasikan. Peningkatan Aktivitas siswa dapat dilihat dari rata – rata 
skor pada lembar aktivitas siswa yang dapat dilihat dari siklus I, II dan II secara 
berturut – turut 9,6 dengan kategori kurang aktif, 9,8 dengan kategori kurang 
aktif, 17,75 dengan kategori aktif. ( 2 ) penerapan pendekatan saintifik 
berbantuan LKPD memberikan bimbingan kepada siswa yang belum tuntas pada 
tiap siklus. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari peningkatan nilai 
rata – rata siswa dan persentase ketuntasan belajar klasikal dari siklus I hingga 
Siklus III secara berturut – turut 56,75 dengan persentase ketuntasan 20,83%, 
41,20 dengan persentase ketuntasan 38,87%, dan 59,83 deengan persentase 
ketuntasan 70,83%.
Kata Kunci : Pendekatan Saintifik, LKS, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar Siswa
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education | 
| Depositing User: | 034 Septi Septi | 
| Date Deposited: | 25 Jul 2023 06:55 | 
| Last Modified: | 25 Jul 2023 06:55 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13902 | 

