Setiawan, Oktra Okta and Maulidiya, Della and M., Fachruddin (2018) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERSAMAAN NILAI MUTLAK LINIER SATU VARIABEL DI KELAS X SMA N 3 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Skripsi_Oktra Okta Saktiawan_A1C012041.pdf [thumbnail of Skripsi_Oktra Okta Saktiawan_A1C012041.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_Oktra Okta Saktiawan_A1C012041.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis jenis-jenis kesalahan yang dilakukan
siswa dan faktor-faktor kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam
menyelesaikan soal persamaan nilai mutlak linier satu variabel. Jenis penelitian ini
adalah penelitian deskriptif. Prosedur penelitian yang dilakukan adalah menyusun
soal tes instrumen penelitian, uji validitas logis, pemberian tes diagnostik,
menganalisis hasil tes diagnostik, melakukan wawancara, membuat laporan.
Instrumen penelitian berupa tes diagnostik dan wawancara. Sampel dalam
penelitian ini adalah kelas X MIA 3 SMA N 3 Kota Bengkulu yang berjumlah 33
siswa. Setelah memberikan tes diagnostik, peneliti melakukan wawancara
terhadap siswa yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal tes
diagnostik. 1) Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal tentang nilai variabel
persamaan mutlak | x – a | = b dan | x –
| =
dilakukan oleh 26 siswa dengan 22
kesalahan konsep dan 7 kesalahan operasi; 2) Kesalahan siswa dalam
menyelesaikan soal tentang nilai variabel persamaan mutlak |ax + b| = c dan |
x –
c| = d dilakukan oleh 26 siswa dengan 21 kesalahan konsep dan 12 kesalahan
operasi; 3) Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal tentang nilai variabel
persamaan mutlak a | bx - c | + d = e dan a |
x -
| + f = g dilakukan oleh 29
siswa dengan 27 kesalahan konsep dan 13 kesalahan operasi; 4) Kesalahan siswa
dalam menyelesaikan soal tentang nilai variabel persamaan mutlak |ax - b| = | c - x
| dan
= d dilakukan oleh 24 siswa dengan 9 kesalahan fakta, 14 kesalahan
konsep ,16 kesalahan operasi, 24 kesalahan prinsip. Adapun solusi setelah
dilakukan analisis hasil tes diagnostik dan wawancara adalah guru perlu
memastikan siswa memahami materi prasyarat yaitu persamaan linier satu
variabel, siswa telah memahami konsep persamaan nilai mutlak linier satu
variabel dengan benar, siswa memahami prosedur dan syarat dalam
menyelesaikan berbagai macam soal persamaan nilai mutlak linier satu variabel.
Kata Kunci : Penelitian Deskriptif, Analisis Kesalahan Siswa, Persamaan Nilai
Mutlak Linier Satu Variabel.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 07:11 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 07:11 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13907 |