PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK– PAIR–SHARE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 KOTA BENGKULU

Renitasari, Renitasari and Yensy, Nurul Astuty and Effie, Efrida Muchlis (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK– PAIR–SHARE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI_BAB I-V _.pdf] Text
SKRIPSI_BAB I-V _.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe (think pair share) kelas
VII SMP Negeri 6 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan
kelas dengan tahap-tahap perencanaan, Pelaksanaan, observasi, Refleksi. Subjek
dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 6 Kota Bengkulu yang
berjumlah 22 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar
observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe (think pair share) dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas belajar siswa dapat
ditingkatkan dengan cara: a) Memberikan kesempatan siswa untuk memberikan
pertanyaan, tanggapan maupun jawaban pada tahap think. b) Memberikan teguran
dan perhatian khusus kepada siswa yang kurang serius pada tahap pair. c)
Memberikan motivasi kepada siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran
pada tahap share. Peningkatan aktivitas siswa dapat dilihat dari rata-rata skor pada
lembar observasi aktivitas siswa siklus I hingga siklus III: 23 (Kriteria Cukup
Aktif); 34 (Kriteria Aktif); 46,5 (Kriteria Sangat Aktif). Hasil belajar siswa dapat
ditingkatkan dengan cara: a) Melatih siswa untuk membuat kesimpulan materi
atau menambah keterangan dengan menggunakan bahasa sendiri. b) Memberikan
bimbingan kepada siswa dalam memahami masalah yang ada pada tahap think
dan pair. c) Memberikan tugas membaca kepada siswa tentang materi yang
dipelajari pada pertemuan berikutnya agar siswa memiliki pengetahuan awal yang
baik dalam belajar. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari peningkatan
rata-rata nilai siswa dari siklus I sampai siklus III 67,86; 74,45; 83,80 dengan
persentase ketuntasan belajar klasikal dari siklus I hingga siklus III 45,45%;
50,00%; 81,82%.
Kata Kunci: Think Pair Share, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 25 Jul 2023 07:43
Last Modified: 25 Jul 2023 07:43
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13917

Actions (login required)

View Item
View Item