PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING (PETA PIKIRAN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU

Sutriani, Riska and Yensy, Nurul Astuty and Dewi, Rahimah (2018) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING (PETA PIKIRAN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI RISKA SUTRIANI (A1C013075).pdf] Text
SKRIPSI RISKA SUTRIANI (A1C013075).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui cara meningkatkan aktivitas, hasil belajar,
serta respon peserta didik dengan metode pembelajaran mind mapping. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini
adalah Kelas VII E SMP Negeri 11 Kota Bengkulu semester ganjil tahun ajaran
2017/2018 berjumlah 21 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah lembar
observasi aktivitas, tes hasil belajar, serta angket respon peserta didik. Hasil
penelitian menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas peserta didik yang dilakukan
dengan cara menyampaikan apersepsi, memotivasi peserta didik, membimbing,
menegur dan menasehati peserta didik. Peningkatan aktivitas belajar dapat dilihat
dari skor rata-rata lembar observasi aktivitas peserta didik pada siklus I sampai
siklus III, yaitu: 17,875 (kriteria cukup aktif), 21,5 (kriteria cukup aktif), dan
26,13 (kriteria aktif). Hasil belajar peserta didik dapat ditingkatkan dengan cara
pembuatan mind mapping dengan bimbingan guru, serta membimbing dalam
mengerjakan latihan soal. Peningkatan hasil belajar dilihat dari nilai rata-rata
peserta didik pada siklus I sampai siklus III yaitu: 74,46; 79,78; 82,50 dengan
persentase ketuntasan belajar yaitu 52,38%; 77,78%; 85%. Respon peserta didik
ditingkatkan dengan membimbing pembuatan mind mapping dan
mengerjakan latihan soal agar lebih tertarik dan antusias dalam belajar, serta
memberikan motivasi. Peningkatan respon dilihat dari skor rata-rata respon
peserta didik pada siklus I sampai siklus III yaitu 43,57 (setuju); 47,61 (setuju);
50,80 (sangat setuju).
KataKunci: Metode Pembelajaran Mind Mapping, Aktivitas Belajar, Hasil
Belajar, Respon Peserta didik.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 25 Jul 2023 07:50
Last Modified: 25 Jul 2023 07:50
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13919

Actions (login required)

View Item
View Item