Putri, Riski jesi and Muchlis, Effie Efrida and Nurul, Astuty Yensy (2018) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK ANTARA PEMBELAJARAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN MEDIA AUDIO-VISUAL DENGAN PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DI KELAS VII MTs NEGERI 2 BENGKULU TENGAH. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI_RISKI JESI PUTRI_A1C013016.pdf [thumbnail of SKRIPSI_RISKI JESI PUTRI_A1C013016.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_RISKI JESI PUTRI_A1C013016.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika peserta
didik yang menggunakan pembelajaran pendekatan saintifik berbantuan media
audio-visual lebih dari hasil belajar matematika yang menggunakan pembelajaran
ekspositori di kelas VII MTs Negeri 2 Bengkulu Tengah. Penelitian ini merupakan
penelitian eksperimen semu dengan populasi yaitu peserta didik kelas VII MTs
Negeri 2 Bengkulu Tengah. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive
sampling sehingga diperoleh kelas VII A sebagai kelas eksperimen dengan peserta
didik yang berjumlah 16 orang yang mendapat perlakuan pembelajaran pendekatan
saintifik berbantuan media audio-visual dan VII C sebagai kelas kontrol dengan
peserta didik yang berjumlah 15 orang yang mendapat perlakuan pembelajaran
ekspositori.
Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung yaitu
2,53 dengan taraf nyata (α) = 5% dan dk = 29 menghasilkan ttabel yaitu 1,699, jadi
thitung>ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika peserta didik
yang menggunakan pembelajaran pendekatan saintifik berbantuan media audio�visual lebih dari hasil belajar matematika yang menggunakan pembelajaran
ekspositori di kelas VII MTs Negeri 2 Bengkulu Tengah.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Pendekatan Saintifik, Media Audio-Visual,
Pembelajaran Ekspositori
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 07:57 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 07:57 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13921 |