Adriansyah, Rivo Dwi and Fachruddin, M. and Effie, Efrida Muchlis (2018) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL DI KELAS VII SMP NEGERI 8 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Rivo Dwi Adriansyah_A1C014013_Skripsi.pdf [thumbnail of Rivo Dwi Adriansyah_A1C014013_Skripsi.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Rivo Dwi Adriansyah_A1C014013_Skripsi.pdf - Additional Metadata
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.
Download (15MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Modul Matematika dengan
Pendekatan Saintifik pada Materi Aritmetika Sosial di Kelas VII SMP Negeri 8
Kota Bengkulu yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini
adalah penelitian pengembangan (Research and Development) denganmengadopsi
prosedur ADDIE yaitu tahap pendefinisian (Analyze), tahap perancangan (design),
tahap pengembangan (develop), tahap penerapan (Implement) dan tahap evaluasi
(Evaluate) yang terdiri dari uji validitas, uji kepraktisan, dan uji efektifitas.
Validasi modul dilakukan oleh tiga orang ahli pendidikan bidang matematika,
konstruksi, dan bahasa. Kepraktisan modul diuji pada dua puluh lima peserta
didik kelas VII 8 SMP Negeri 8 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran
2017/2018. Efektifitas modul diuji pada 26 peserta didik kelas VII 9 SMP Negeri
8 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2017/2018. Instrumen penelitian ini
adalah lembar validasi Modul, lembar kepraktisan Modul dan lembar efektifitas
Modul. Semua data yang dikumpulkan dianalisis kevalidan, kepraktisan dan
keefektifannya. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (a) Modul Matematika
dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Aritmetika Sosial di Kelas VII SMP
Negeri 8 Kota Bengkulu termasuk dalam kategori sangat valid dari aspek materi,
konstruksi dan bahasa dengan skor rata-rata 4,26, (b) Modul Matematika dengan
Pendekatan Saintifik pada Materi Aritmetika Sosial di Kelas VII SMP Negeri 8
Kota Bengkulu termasuk dalam kategori praktis dengan skor rata-rata 4,19, (c)
Modul Matematika dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Aritmetika Sosial di
Kelas VII SMP Negeri 8 Kota Bengkulu termasuk dalam kategori efektif dengan
skor rata-rata 4,066 dan pencapaian efektifitas : (1) Modul sudah memuat
langkah-langkah pendekatan saintifik yang membuat aktivitas guru dan peserta
didik berkriteria baik; (2) Modul sudah disusun berdasarkan syarat-syarat
penyusunan modul sehingga modul dapat membantu peserta didik mencapai
tujuan pembelajaran; (3) modul sudah membuat peserta didik melaksanakan
proses pembelajaran sesuai dengan kaidah pendekatan saintifik sehingga peserta
didik memperoleh hasil belajar yang tinggi.
Kata Kunci : Penelitian Pengembangan, Modul Matematika, Pendekatan Saintifik
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 08:00 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 08:00 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13923 |