Lukito, Sandi and Hanifah, Hanifah and Syafdi, Maizora (2018) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SMP N 1 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
A1C013045_SANDI LUKITO_SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
dengan menerapkan model problem based learning. Penelitian ini adalah 
penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui 
lembar observasi aktivitas dan tes hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah 
siswa kelas VII 6 SMP Negeri 1 Kota Bengkulu Semester Genap Tahun Ajaran 
2017/2018 berjumlah 33 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan 
model problem based learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar 
matematika siswa. Peningkatan hasil belajar matematika siswa dapat dilihat dari 
nilai rata-rata hasil belajar siswa siklus I, siklus II dan siklus III secara berturut�turut adalah 74,27; 80,42; dan 82,96 serta ketuntasan belajar klasikal siklus I, 
siklus II dan siklus III secara berturut-turut adalah 72,73%;78,79%; dan 84,85%. 
Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat di lihat dari nilai hasil observasi 
aktivitas belajar matematika siswa siklus I, siklus II, dan siklus III secara berturut�turut adalah 20,66 (kriteria cukup), 23,5 (kriteria cukup) dan 26,16 (kriteria aktif).
Kata kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Problem Based Learning.
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education | 
| Depositing User: | 034 Septi Septi | 
| Date Deposited: | 25 Jul 2023 08:19 | 
| Last Modified: | 25 Jul 2023 08:19 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13932 | 

