PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK SISWA SMP KELAS VIII.

belyuni, Seli and Maulidiya, Della and Agus, Susanta (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK SISWA SMP KELAS VIII. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of A1C014008_SKRIPSI_SELI BELYUNI.pdf] Text
A1C014008_SKRIPSI_SELI BELYUNI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (37MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik berbasis
realistic mathematics education dan pendidikan karakter pada materi bangun
ruang sisi datar untuk siswa SMP kelas VIII yang memenuhi kriteria valid, praktis
dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and
Development) dengan mengadopsi prosedur ADDIE yaitu analisis (analysis),
perancangan (design), pengembangan (development), implementasi
(implementation) dan evaluasi (evaluation) yang terdiri dari uju validitas, uji
kepraktisan, dan uji efektifitas. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 15 Kota
Bengkulu semester genap tahun ajaran 2017/2018. Kepraktisan LKPD diuji pada
sembilan orang peserta didik kelas VIII C. Efektifitas LKPD diuji pada 28 peserta
didik kelas VIII E. Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi, lembar
kepraktisan dan lembar efektifitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD
Berbasis Realistic Mathematics Education dan Pendidikan Karakter Pada Materi
Bangun Ruang Sisi Datar Untuk Siswa SMP Kelas VIII termasuk dalam kategori :
(a) sangat valid dari aspek materi, konstruksi dan bahasa dengan skor rata-rata
4,77; (b) sangat praktis dengan skor rata-rata 4,21; (c) sangat efektif dengan skor
rata-rata 4,25 dengan pencapaian efektifitas : (1) aktivitas peserta didik dengan
skor rata-rata 4,48; (2) aktivitas pendidik dengan skor rata-rata 4,71; (3) respon
peserta didik dengan skor rata-rata 4,23; (4) hasil belajar peserta didik dengan
skor rata-rata 4,18 dan presentase ketuntasan minimal 85,71%. Hasil validitas
materi menunjukkan bahwa : (a) memahami masalah kontekstual dengan skor
rata-rata 4,83; (b) menyelesaikan masalah kontekstual dengan skor rata-rata 4,75;
(c) membandingkan dan mendiskusikan jawaban dengan skor rata-rata 4,50; (d)
menarik kesimpulan dengan skor rata-rata 4,92; (e) karakter jujur dengan skor
rata-rata 4,58; (f) karakter disiplin dengan skor rata-rata 4,5; (g) karakter kerja
keras dengan skor rata-rata 4,5; dan (h) karakter rasa ingin tahu dengan skor rata�rata 4,5.
Kata kunci : Penelitian Pengembangan, Lembar Kerja Peserta didik (LKPD),
Realistic Mathematics Education, Pendidikan Karakter

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 25 Jul 2023 08:28
Last Modified: 27 Jul 2023 03:06
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13936

Actions (login required)

View Item
View Item