Arieska, Sarlin and Rahimah, Dewi and Effie, Efrida Muchlis (2018) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL URAIAN PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT DI KELAS V SD NEGERI 88 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI.pdf [thumbnail of SKRIPSI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan dan faktor penyebab siswa
melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika pada materi operasi hitung
bilangan bulat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini
adalah 25 siswa kelas V SDN 88 Kota Bengkulu Semester Ganjil Tahun Ajaran
2017/2018. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes dan
wawancara. Analisis data pada penelitian ini dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian
menunjukkan siswa melakukan kesalahan pada kompetensi dasar menggunakan faktor
prima untuk menentukan KPK dan FPB, dan menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan operasi hitung, KPK dan FPB, berdasarkan indikator: (1) Menggunakan faktor
prima dan faktorisasi prima untuk memecahkan masalah sehari-hari yang berkaitan
dengan FPB pada bilangan genap sebanyak 6 siswa, (2) Menggunakan faktor prima dan
faktorisasi prima untuk memecahkan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan FPB
pada bilangan genap dan ganjil sebanyak 15 siswa, (3) Menggunakan faktor prima dan
faktorisasi prima untuk memecahkan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan KPK
pada bilangan genap sebanyak 14 siswa, (4) Menggunakan faktor prima dan faktorisasi
prima untuk memecahkan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan KPK pada bilangan
genap dan ganjil sebanyak 18 siswa, (5a) Memecahkan masalah yang berkaitan dengan
FPB sebanyak 25 siswa, (5b) Memecahkan masalah yang berkaitan dengan FPB
sebanyak 24 siswa, (6a) Memecahkan masalah yang berkaitan dengan KPK sebanyak 24
siswa, dan (6b) Memecahkan masalah yang berkaitan dengan KPK sebanyak 23 siswa.
Faktor penyebab kesalahan siswa yaitu: tidak menguasai materi, tidak memahami cara
mengubah permasalahan ke dalam bentuk model penyelesaian matematika, kurang
menguasai konsep materi, kurang memahami cara menggolongkan atau mengelompokkan
faktorisasi dari bilangan-bilangan untuk dijadikan KPK atau FPB, kurang memamahi
konsep pemfaktoran, masih keliru dengan langkah-langkah penyelesaian soal, tidak hafal
perkalian / pembagian, tidak teliti dalam memahami informasi yang ada pada soal,
terburu-buru/ceroboh dalam melakukan perhitungan, tidak mengecek ulang hasil
perhitungan yang telah dikerjakan. Adapun faktor lain penyebab kesalahan siswa adalah
karena siswa: tidak mengulangi materi di rumah, tidak pernah bertanya kepada
guru/teman apabila siswa belum paham materi.
Kata Kunci: Analisis, Bilangan Bulat, Kesalahan, Matematika SD
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 08:31 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 08:31 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13938 |