PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA KELAS VII.7 SMP NEGERI 18 KOTA BENGKULU

Judin, Sirat and Hanifah, Hanifah and Effie, Efrida Muchlis (2018) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA KELAS VII.7 SMP NEGERI 18 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf] Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menerapkan pendekatan saintifik
untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi segiempat
dan segitiga kelas VII.7 SMPN 18 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan alur
penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas VII.7 SMP Negeri 18 Kota Bengkulu.
Pengumpulan data penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas dan tes
hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan pendekatan saintifik pada
materi Bangun Datar Segitiga dan Segienpat dapat meningkatkan aktivitas dan
hasil belajar siswa. Aktivitas belajar ditingkatkan dengan cara membentuk
kelompok siswa secara heterogen, memotivasi siswa dengan memberikan nilai
tambahan, mengatur tempat duduk siswa, dan memberi kesempatan secara luas
kepada siswa untuk mengungkapkan ide atau gagasannya. Hal ini ditandai dengan
peningkatan aktivitas siswa setiap siklus. Pada siklus I aktivitas belajar siswa
masuk dalam kategori cukup aktif dengan rata-rata skor 20 (cukup aktif). Pada
siklus II aktivitas belajar siswa masih dalam kategori cukup aktif dengan rata�rata skor 27,3 (cukup aktif). Pada siklus III aktivitas belajar siswa sudah
mencapai kategori aktif dengan rata-rata skor 31,83 (aktif) dan Hasil belajar
siswa meningkat pada setiap siklus dengan melakukan tindakan memberikan
LKPD berbasis saintifik, memberikan bimbingan lebih kepada siswa yang nilai
nya yang masih jauh daripada tuntas serta memberikan latihan soal. Hal ini
ditandai dengan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I hingga III
yaitu : 33,88; 34,22; 60; dengan ketuntasan belajar klasikal dari siklus I hingga
siklus III yaitu : 0%; 0%; 0,22%.
Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Pendekatan Saintifik

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 25 Jul 2023 08:41
Last Modified: 25 Jul 2023 08:41
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13942

Actions (login required)

View Item
View Item