PENERAPAN PROBING PROMPTING LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 12 KOTA BENGKULU

Paramitha, Tiara and Maulidiya, Della and Effie, Efrida Muchlish (2018) PENERAPAN PROBING PROMPTING LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 12 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI_TIARA PARAMITHA_A1C014023.pdf] Text
SKRIPSI_TIARA PARAMITHA_A1C014023.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara penerapan probing prompting
learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian
yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik
pengumpulan data melalui lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 12 Kota
Bengkulu tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 29 orang siswa, terdiri dari 12
siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan sebanyak 3
siklus dari tanggal 09 April 2018 sampai 19 mei 2018. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa penerapan probing prompting learning dapat meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas siswa ditingkatkan dengan pemberian
pertanyaan-pertanyaan, siswa yang pasif dilibatkan seacara maksimal dalam
proses pembelajaran, selain pemberian teguran dan peringatan, siswa yang tidak
fokus juga harus diberikan motivasi, pembagian kelompok secara heterogen
berdasarkan hasil tes belajar dan pengamatan aktivitas siswa serta menunjuk siswa
secara acak untuk menjawab pertanyaan dalam proses pembelajaran. Peningkatan
aktivitas siswa dapat dilihat dari peningkatan skor rata-rata aktivitas siswa dari
siklus I hingga siklus III yaitu 22,125; 24,375; 27,75. Peningkatan hasil belajar
siswa dilakukan dengan cara penggunaan alat peraga, menyampaikan tujuan
pembelajaran, pemberian latihan soal untuk melatih keterampilan siswa dalam
penyelesaian soal, peghindaran terhadap istilah sulit, membimbing siswa yang
mengalami kesulitan belajar dan memberi kesempatan siswa untuk bertanya serta
mengingatkan siswa untuk belajar dirumah. Peningktan hasil belajar matematika
siswa dapat dilihat dari rata-rata nilai akhir dan ketuntasan belajar klasikal tiap
siklus. Rata-rata hasil belajar siswa siklus I hingga siklus III yaitu 81,7; 82,5; 92,4
dan ketuntasan belajar klasikal 65,5%; 72,4%; 92,1%.
Kata kunci : aktivitas belajar, hasil belajar, probing prompting learning

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 26 Jul 2023 06:45
Last Modified: 26 Jul 2023 06:45
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13952

Actions (login required)

View Item
View Item