Syafitri, Aisha and Amir, Hermansyah and Elvinawati, Elvinawati (2018) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA ULAR TANGGA DAN MEDIA PUZZLE DI KELAS XI SMA NEGERI 01 BENGKULU TENGAH. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI AISHA SYAFITRI (A1F013065).pdf [thumbnail of SKRIPSI AISHA SYAFITRI (A1F013065).pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI AISHA SYAFITRI (A1F013065).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar
siswa menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games
Tournament (TGT) dengan media ular tangga dan media puzzle di kelas XI
SMA Negeri 01 Bengkulu Tengah Tahun Ajaran 2017/2018 pada pokok
bahasan sistem koloid. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen
dengan populasi seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 01 Bengkulu Tengah
dan sampel adalah XI MIPA 3 eksperimen I yang menerapkan media Ular
Tangga dan XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen II yang menerapkan media
puzzle. Hasil belajar siswa pada penelitian ini dilihat dari selisih nilai pretest
dan posttest. Pada kelas eksperimen I yang menggunakan media ular
tangga, nilai rata-rata peningkatan hasil belajar kognitif siswa sebesar 43,30.
Sedangkan pada kelas eksperimen II yang menggunakan media puzzle, nilai
rata-rata peningkatan hasil belajar kognitif siswa sebesar 35,97. Dari
serangkaian uji statistik dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan
uji-t dengan taraf signifikan 0,01 diperoleh tHitung > tTabel (2,42 > 2,39). Hasil
penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara
hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran kooperatif
menggunakan media Ular Tangga dan media Puzzle. Hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa secara umum hasil belajar siswa dengan penerapan
model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dengan
media ular tangga lebih tinggi dibandingkan dengan media puzzle pada
pokok bahasan sistem koloid.
Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif, Media Ular Tangga, Media Puzzle,
Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Chemistry Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 07:24 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 07:24 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13961 |