Kasih, Alfia Novera Indah Esa and Bahar, Amrul and Salastri, rohiat (2018) PERBEDAAN HASIL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN MIND MAPPING DAN SUMMARIZES PADA KELAS XI IPA MAN 1 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI ALFIA NOVERA INDAH ESA KASIH (A1F014041).pdf [thumbnail of SKRIPSI ALFIA NOVERA INDAH ESA KASIH (A1F014041).pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI ALFIA NOVERA INDAH ESA KASIH (A1F014041).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil pembelajaran
problem based learning (PBL) menggunakan mind mapping dan summarizes
pada pokok bahasan kesetimbangan ion dalam larutan garam. Jenis penelitian
yang digunakan adalah penelitian eksperimental semu dengan populasi kelas XI
IPA di MAN 1 Kota Bengkulu tahun ajaran 2017/2018 dan sampel adalah kelas
XI IPA 1 (PBL-Mind Mapping) sebagai eksperimen 1 dan kelas XI IPA 2 (PBL- Summarizes) sebagai eksperimen 2. Analisa data yang digunakan adalah nilai
rata-rata, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis/ uji-t dengan nilai
signifikansi α = 0.05 yang dihitung dengan SPSS 16.0 for Windows. Hasil belajar
peserta didik pada penelitian ini dilihat dari nilai selisih nilai pretest dan post-test. Rata-rata selisih pretest dan post-test peserta didik kelas eksperimen 1 dan 2
adalah 56.11 dam 49.21 serta hasil uji hipotesis diperoleh sig < α (0.04 < 0.05).
Hasil data membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas
eksperimen 1 dan 2 serta menunjukkan bahwa hasil pembelajaran problem
based learning (PBL) menggunakan mind mapping lebih baik dibandingkan hasil
pembelajaran problem based learning (PBL) menggunakan summarizes. Kata Kunci : Problem Based Learning (PBL), Mind Mapping, ummarizes, Hasil
Belajar.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Chemistry Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 07:27 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 07:27 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13962 |