PERBANDINGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STRUCTURED NUMBERED HEADS (SNH) DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS X MIPA SMAN 6 KOTA BENGKULU

Elyani, Evi and Sumpono, Sumpono and Hermansyah, Amir (2018) PERBANDINGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STRUCTURED NUMBERED HEADS (SNH) DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS X MIPA SMAN 6 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf] Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur perbandingan kemampuan
berpikir kreatif siswa antara model pembelajaran kooperatif tipe Structured
Numbered Heads (SNH) dan Numbered Head Together (NHT) pada
materi tata nama senyawa kimia dalam kurikulum 2013 di kelas X MIPA
SMA Negeri 6 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini
merupakan jenis penelitian eksperimen semu dengan jumlah populasi 118
siswa dan sampel 57 siswa dengan kelas X MIPA D sebagai kelas
eksperimen I yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe SNH
dan kelas X MIPA B sebagai kelas eksperimen II yang menerapkan model
pembelajaran kooperatif tipe NHT. Analisa data yang digunakan adalah
rata-rata (mean), Persentase Indikator, uji normalitas, uji homogenitas,
dan uji hipotesis (uji t). Kemampuan berpikir kreatif siswa dilihat dari
selisih nilai prestes dan postes. Pada kelas eksperimen I nilai rata-rata
peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa sebesar 51,851
sedangkan kelas eksperimen II sebesar 46,916. Hasil uji t (α = 0,05)
diperoleh tHitung> tTabel yaitu 2,645 > 2,0040 menujukkan hipotesis diterima
berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir
kreatif siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe SNH
dan NHT.
Kata Kunci: SNH, NHT, Berpikir Kreatif

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 26 Jul 2023 08:25
Last Modified: 26 Jul 2023 08:25
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13982

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200