PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO�VISUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA N 09 KOTA BENGKULU

Mutaqwiyati, Isna and Nurhamidah, Nurhamidah and Hermansyah, Amir (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO�VISUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA N 09 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI ISNA MUTAQWIYATI.pdf] Text
SKRIPSI ISNA MUTAQWIYATI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur peningkatan aktivitas
belajar dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran
Problem Based Instruction (PBI) dengan mengunakan media audio-visual.
Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X MIPA 3 SMA N 09 Kota
Bengkulu tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 27 siswa, pada materi
hukum-hukum dasar kimia dan stoikiometri. Proses penelitian
dilaksanakan dalam tiga siklus, dimana setiap siklus terdiri dari empat
tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.
Pengumpulan data dengan tes dan non tes, yang terdiri dari post-test,
lembar observasi aktivitas belajar siswa dan guru. Data diolah
mengunakan teknik analisa kuantitatif sederhana yaitu, nilai rata-rata,
presentase daya serap klasikal dan presentase ketuntasan belajar
klasikal. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model
pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dengan media Audio-visual
dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa disetiap siklusnya
serta mencapai kriteria ketuntasan klasikal pada siklus III. Data
peningkatan rata-rata aktivitas belajar siswa secara berturut-turut yaitu:
siklus I skor 23 (kategori cukup); siklus II skor 26,33 (ketegori baik); dan
siklus III skor 28,66 (kategori baik). Rata-rata skor lembar observasi
aktivitas guru pada setiap siklusnya yaitu pada siklus I sebesar 25,66
(kategori baik), pada siklus II sebesar 28 (kategori baik), dan pada siklus
III sebesar 29,66 (kategori baik). Presentase ketuntasan belajar klasikal
siklus I sebesar 51,85%, siklus II naik menjadi 66,66% dan siklus III
adalah 85,15%
Kata kunci : Problem Based Instruction, Media Audio-Visual, Aktivitas
Belajar, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 26 Jul 2023 08:35
Last Modified: 26 Jul 2023 08:35
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13985

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200