STUDI PERBANDINGAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK MENGGUNAKAN TEKNIK MIND MAPPING DAN ARTICULATION TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 8 KOTA BENGKULU

Angraini, Meylinda and Sumpono, Sumpono and Salastri, Rohiat (2018) STUDI PERBANDINGAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK MENGGUNAKAN TEKNIK MIND MAPPING DAN ARTICULATION TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 8 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of skripsi meylinda angraini.pdf] Text
skripsi meylinda angraini.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur keaktifan dan hasil belajar
siswa antara kelas eksperimen I yang menerapkan pembelajaran santifik
menggunakan teknik Mind Mapping dengan kelas eksperimen II yang
menerapkan pembelajaran santifik menggunakan teknik Articulation pada
materi Titrasi Asam Basa di Kelas XI IPA di SMA Negeri 8 Kota Bengkulu.
Pengumpulan data keaktifan belajar siswa menggunakan lembar
observasi sedangkan hasil belajar siswa menggunakan pretes dan postes.
Data diolah dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif sederhana
yaitu nilai rata-rata, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Data
hasil belajar siswa diperoleh dari nilai pretes dan postes dimana nilai rata�rata peningkatan hasil belajar kognitif untuk kelas eksperimen I adalah
50,31 dan kelas eksperimen II adalah 58,44. Sedangkan untuk data
keaktifan belajar siswa diperoleh dari lembar observasi dimana nilai
observasi kelas eksperimen I yaitu 65,63 % dan kelas ekperimen II yaitu
83,33 %. Untuk mengukur perbedaan kedua teknik tersebut, dilakukanlah
uji hipotesis pada keaktifan dan hasil belajar siswa menggunakan uji t
dengat taraf signifikan (α=0,05), maka diperoleh nilai untuk kekaktifan
belajar siswa thitung 2,67 dan untuk ttabel 1,69, sedangkan untuk hasil belajar
thitung 1,90 dan untuk ttabel 1,67. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
terdapat perbedaan keaktifan dan hasil belajar siswa yang signifikan
antara kelas yang menerapkan teknik pembelajaran Mind Mapping
dengan kelas yang menerapkan teknik pembelajaran Artikulasi.
Kata Kunci : Mind Mapping, Artikulasi, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 26 Jul 2023 08:49
Last Modified: 27 Jul 2023 02:46
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13990

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200