PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH (MM) DAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI KELAS X IPA MAN 1 KOTA BENGKULU

Syofiana, Nova and Rohiat, Salastri and Hermansyah, Amir (2018) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH (MM) DAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI KELAS X IPA MAN 1 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI NOVA SYOFIANA (A1F013076).pdf] Text
SKRIPSI NOVA SYOFIANA (A1F013076).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar
siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match
dan Team Games Tournament pada mata pelajaran kimia di kelas X IPA
MAN 1 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah eksperimental semu
(quasi experiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta
didik kelas X IPA MAN 1 kota bengkulu tahun ajaran 2017/2018 yang
berjumlah 137 siswa dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPA 1
dan X IPA 3 dengan jumlah seluruh sampel 74 orang. Analisis data yang
digunakan yaitu nilai rata-rata, analisis angket, uji normalitas, uji
homogenitas dan uji-t dengan nilai signifikansi α = 0,05. Pengolahan data
dilakukan dengan bantuan program SPSS 16 for windows. Data hasil
belajar siswa ini dilihat dari selisih nilai pretest dan postest. Kelas
eksperimen I memiliki selisih rata-rata sebesar 47,44 dan kelas
eksperimen II memiliki rata-rata sebesar 43,79. Hasil belajar ini
dipengaruhi oleh motivasi belajar siswa. Berikut data hasil motivasi belajar
siswa dikedua kelas diperoleh dari jumlah pesentase motivasi belajar
siswa sebesar 83,84% dikategorikan sangat baik dan 77,49%
dikategorikan baik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara
umum hasil belajar maupun motivasi belajar siswa dengan penerapan
model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih tinggi dibandingkan model
pembelajaran kooperatif tipe MM. Hal ini ditunjukan dengan thitung > ttabel,
dimana 1,7515>1,6662 untuk hasil belajar dan 8,9804>1,6662 untuk
motivasi belajar siswa. Dengan kata lain terdapat perbedaan yang
signifikan dari hasil belajar maupun motivasi belajar siswa dengan
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match (MM) dan
model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT).
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Team Games Tournament,
Make A Match

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 27 Jul 2023 06:26
Last Modified: 27 Jul 2023 06:26
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13993

Actions (login required)

View Item
View Item