Dewi, Ria Kemala and Sumpono, Sumpono and Salastri, Rohiat (2018) PERBANDINGAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMAN 2 ARGAMAKMUR PADA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DAN GROUP INVESTIGATION BERBASIS KURIKULUM 2013. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![RIA KEMALA DEWI.pdf [thumbnail of RIA KEMALA DEWI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
RIA KEMALA DEWI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara aktivitas dan
hasil belajar kognitif peserta didik menggunakan model pembelajaran Team
Assisted Individualization dan Group Investigation berbasis Kurikulum 2013.
Sampel pada penelitian ini adalah kelas X MIA 3 (Team Assisted
Individualization) dan X MIA 6 (Group Investigation). Data yang diperoleh yaitu
aktivitas dan hasil belajar peserta didik yang kemudian dianalisa, yaitu nilai dan
persentase rata-rata, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis. Hasil
observasi aktivitas belajar peserta didik kelas eksperimen 1 dan 2 berturut-turut
yaitu 78,79% dan 68,18%. Nilai hasil belajar kognitif peserta didik kelas
eksperimen 1 dan 2 berturut-turut adalah 80,56 dan 75,31. Hasil uji t yang
diperoleh yaitu thitung > ttabel, 10,6 > 1,0 untuk aktivitas belajar dan 3,36 > 2,30
untuk hasil belajar. Hal ini berarti membuktikan ada perbedaan yang signifikan
antara aktivitas dan hasil belajar peserta didik yang menggunakan kedua model
pembelajaran tersebut.
Kata kunci : Aktivitas Belajar, Group Investigation, Hasil Belajar, Kurikulum
2013, Team Assited Individualization
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Chemistry Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 06:48 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 06:48 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13997 |