Amalia, Windy Novita and Amir, Hermansyah and Sumpono, Sumpono (2018) STUDI PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE DAN THINK PAIR SQUARE DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 REJANG LEBONG. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![WINDY NOVITA AMALIA.pdf [thumbnail of WINDY NOVITA AMALIA.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
WINDY NOVITA AMALIA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengukur perbedaan peningkatan
kemampuan berpikir kritis siswa dengan diterapkan model Take and give
dengan model Think Pair Square pada materi Hidrolisis Garam di kelas XI
IPA SMA Negeri 1 Rejang Lebong. Penelitian ini dilaksanakan dengan
populasi 201 siswa dari 6 kelas IPA dan sampel 68 siswa dari 2 kelas.
Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian dengan jenis eksperimen
semu. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas
dan uji hipotesis. Data kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh dari nilai
pretest dan nilai postest kemampuan berpikir kritis dimana rata-rata
peningkatan kemampuan berpikir kritis untuk kelas Take and give dengan
kelas Think Pair Square adalah 44,757 dan 51,683. Dengan pengujian
hipotesis yang menggunakan uji t dengan taraf signifikan 0,05, maka
didapatkan nilai untuk thitung > ttabel yaitu 3,081 > 1,668. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dengan kelas yang
menerapkan model pembelajaran Think Pair Square lebih baik
dibandingkan dengan kelas yang menerapkan model pembelajaran Take
and give.
Kata kunci : kemampuan berpikir kritis, take and give, think pair square
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Chemistry Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 07:10 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 07:10 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14004 |