Ningsih, Annisa Apriani Widya and Sakti, Indra and Nyoman, Rohadi (2018) PENERAPAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMAN 1 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Skripsi Annisa Apriani (A1E014005)23.pdf [thumbnail of Skripsi Annisa Apriani (A1E014005)23.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Annisa Apriani (A1E014005)23.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang bertujuan untuk
mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar, menjelaskan peningkatan hasil
belajar dan mendeskripsikan keterampilan proses sains siswa. Subjek dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA-1 SMAN 1 Kota Bengkulu yang
berjumlah 30 Orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rata-rata aktivitas
belajar siswa pada siklus I adalah sebesar 23 dalam kategori cukup, siklus II
sebesar 25,5 dalam kategori baik, dan siklus III sebesar 28,5 dalam kategori baik.
Hasil belajar pada siklus I diperoleh daya serap sebesar 73% dan ketuntasan
belajar klasikal sebesar 50%, meningkat pada siklus II yaitu daya serap sebesar
83,5% dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 86,6%, dan meningkat lagi untuk
siklus III daya serap sebesar 90,08% dan ketuntasan belajar sebesar 100%. Rata�rata keterampilan proses sains siswa secara keseluruhan indikator pada siklus I
sebesar 13 dalam katagori cukup, siklus II sebesar 16 dalam katagori baik dan
siklus III sebesar 18 dalam katagori baik. Berdasarkan hasil penelitian bahwa
penerapan model Penemuan terbimbing kelas X MIA-1 di SMAN 1 kota
Bengkulu dapat meningkatkan aktivitas belajar, hasil belajar dan keterampilan
proses sains siswa.
Kata Kunci : Model Penemuan terbimbing, aktivitas belajar siswa, hasil belajar
siswa, keterampilan proses sains siswa.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 07:27 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 07:27 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14009 |