Siregar, Citra Ulandari and Purwanto, Andik and Dedi, Hamdany (2018) PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PADA KONSEP SUHU DAN PERUBAHANNYA SISWA KELAS VII.F SMP NEGERI 10 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![pdf skripsi.pdf [thumbnail of pdf skripsi.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
pdf skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pengetahuan pada
konsep suhu dan perubahanya yang dilakukan dalam tiga siklus. Subjek dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas VII.F yang berjumlah 26 orang. Instrumen yang digunakan adalah
lembar observasi aktivitas guru dan siswa, tes hasil belajar pengetahuan. Hasil penelitian
diperoleh bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata skor sebesar 18,5
dengan kategori cukup, siklus II sebesar 23 dengan kategori cukup, dan siklus III sebesar 31
dengan kategori baik. Hasil belajar pengetahuan diperoleh rata-rata siklus I sebesar 31,47 ,
siklus II sebesar 61,33, dan siklus III sebesar 88,46. Berdasarkan hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa penerapan model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan aktivitas dan
hasil pengetahuan belajar siswa.
Kata kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Model inkuiri terbimbing
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 07:37 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 07:37 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14013 |