PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS, HASIL BELAJAR, DAN MOTIVASI SISWA SMPN PONDOK KUBANG

Faridah, Dzulfahmi and Connie, Connie and Rosane, Medriati (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS, HASIL BELAJAR, DAN MOTIVASI SISWA SMPN PONDOK KUBANG. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI DZULFAHMI FARIDAH (A1E013029).pdf] Text
SKRIPSI DZULFAHMI FARIDAH (A1E013029).pdf - Additional Metadata
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar
siswa, hasil belajar siswa dan motivasi belajar siswa pada konsep tekanan melalui
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement
Division (STAD) dengan memanfaatkan media audiovisual di SMPN 1 Pondok
Kubang. Metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan
dalam empat siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA yang
berjumlah 18 orang yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan aktivitas belajar, hasil
belajar, dan motivasi belajar siswa pada setiap siklusnya, yakni aktivitas siswa
pada siklus I dengan rata-rata skor sebesar 21,5 dalam kategori cukup, siklus II
sebesar 23,5 dalam kategori baik, siklus III sebesar 25 dalam kategori baik, dan
siklus IV sebesar 27 dalam kategori baik. Hasil angket motivasi belajar siswa
pada siklus I dengan rata-rata skor sebesar 61,3 dalam kategori sedang, siklus II
sebesar 63,1 dalam kategori sedang, siklus III sebesar 67,5 dalam kategori sedang,
dan siklus IV sebesar 69 dalam kategori sedang. Hasil belajar siswa pada siklus I
diperoleh daya serap sebesar 76% dan ketuntasan belajar sebesar 39% (belum
tuntas), siklus II diperoleh daya serap sebesar 83% dan ketuntasan belajar sebesar
89% (tuntas), siklus III daya serap sebesar 89% dan ketuntasan belajar sebesar
94% (tuntas) dan siklus IV daya serap sebesar 93% dan ketuntasan belajar sebesar
100% (tuntas). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model
pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan memanfaatkan media audiovisual
dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, hasil belajar siswa, dan motivasi
belajar siswa.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe STAD, Aktivitas Belajar
Siswa, Hasil Belajar dan Motivasi Belajar siswa

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 27 Jul 2023 08:15
Last Modified: 27 Jul 2023 08:15
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14023

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200