Yulia, Irma and Connie, Connie and Eko, Risdianto (2018) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS INQUIRY BERBANTUAN SIMULASI PhET UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP GELOMBANG CAHAYA DI KELAS XI MIPA SMA N 2 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI LENGKAP IRMA YULIA.pdf [thumbnail of SKRIPSI LENGKAP IRMA YULIA.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI LENGKAP IRMA YULIA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (13MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis inquiry berbantuan
simulasi PhET dan meningkatkan kemampuan penguasaan konsep peserta didik.
Desain penelitian ini mengikuti desain ADDIE yang dibatasi pada tahap
Development. Subjek penelitian pengembangan ini adalah siswa-siswi kelas XI
MIPA D SMA N 2 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2018/2019. Hasil validasi ahli
menunjukan bahwa LKPD berbasis Inquiry berbantuan simulasi PhET telah
memenuhi standar kelayakan isi, kebahasaan, dan kemenarikan tampilan. Hal
tersebut didukung dengan hasil uji respon siswa terhadap LKPD dengan persentase
84.8% termasuk pada kategori sangat baik. Hasil analisis data test peserta didik
setelah penggunaan LKPD menunjukan bahwa terjadi peningkatan penguasaan
konsep materi gelombang cahaya dengan skor N-gain 0.76 diakhir pertemuan
dengan kategori tinggi dan keefektifan peningkatan penguasaan konsep dengan
klasifikasi Tinggi. Sehingga, dapat disimpulkan LKPD yang dihasilkan telah valid
dengan tanggapan peserta didik yang baik dan efektif meningkatkan penguasaan
konsep peserta didik.
Kata kunci: LKPD, Inquiry, Simulasi PhET, Penguasaan konsep
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 28 Jul 2023 07:14 |
Last Modified: | 28 Jul 2023 07:14 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14040 |