PENGARUH MODEL PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN DAN HASIL BELAJAR FISIKA FLUIDA STATIS DI KELAS XI MAN 1 KEPAHIANG

Sutrisno, Krisma Ayu and Swistoro, Eko and Rosane, Medriati (2018) PENGARUH MODEL PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN DAN HASIL BELAJAR FISIKA FLUIDA STATIS DI KELAS XI MAN 1 KEPAHIANG. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Solving terhadap
kemampuan penalaran dan hasil belajar fisika fluida statis di kelas XI MAN 1
Kepahiang. Penelitian dilakukan di MAN 1 Kepahiang, jenis penelitian adalah
quasi eksperiment dan jenis disain yang digunakan adalah nonequivalent control
design dengan dua kelas sampel yakni 1 kelas eksperimen dan 1 kelas kontrol.
Pengukuran menggunakan pretest dan posttest. Teknik analisis yang digunakan
adalah teknik inferensial dan dilanjutkan dengan uji-t dua sampel independent.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa ada pengaruh model Problem Solving
terhadap kemampuan penalaran di MAN 1 Kepahiang, yakni thitung 2,4 > ttabel 2,02,
dan terdapat pengaruh signifikan model Problem Solving terhadap hasil belajar
fisika di MAN 1 Kepahiang yang ditunjukkan dengan thitung 4,41 > ttabel 2,02.
Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model Problem
Solving terhadap kemampuan penalaran dan hasil belajar fisika fluida statis di
kelas XI MAN 1 Kepahiang.
Kata Kunci : Problem Solving, Kemampuan Penalaran, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 28 Jul 2023 07:17
Last Modified: 28 Jul 2023 07:17
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14041

Actions (login required)

View Item
View Item