PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI KELAS X IPA SMAN 3 BENGKULU TENGAH

Anggraini, Novita Darma and Purwanto, Andik and Indra, Sakti (2018) PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI KELAS X IPA SMAN 3 BENGKULU TENGAH. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI OKE 2 + LAMPIRAN.pdf] Text
SKRIPSI OKE 2 + LAMPIRAN.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan perbedaan yang signifikan
keterampilan proses sains siswa yang diajar menggunakan model inkuiri
terbimbing dengan siswa yang menggunakan pendekatan sainstifik dan
menentukan pengaruh pembelajaran fisika dengan menggunakan model inkuiri
terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini menggunakan
dua desain yaitu Quasi Eksperimen design dan pre-experimental design. Data
dikumpulkan dengan menggunakan instrument berupa tes keterampilan proses
sains. Data kemuadian dianalisis dengan analisis statstik kuantitatif dengan
mencari nilai rata-rata, standar deviasi, varians, homogenitas, dan normalitas data
serta dengan menggunakan uji-t dua sampel indpenden. Sampel penelitian diambil
menggunakan teknik sampling purposive yang diperoleh kelas X IPA 2 sebagai
kelas eksperimen dan kelas X IPA 3 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil
analisis data menunjukkan terdapat perbedaan pendekatan sainstifik dengan
model inkuiri terbimbing dengan siswa yang menggunakan pendekatan sainstifik
terhadap keterampilan proses sains siswa yaitu thitung 3,69 > ttabel 2,00, maka
terdapat pengaruh penggunaan inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses
sains siswa. Besar pengaruh yaitu sebesar 7,00 dengan interpretasi kuat. Sehingga
disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan proses sains antara
siswa yang diaajar dengan model inkuiri terbimbing dengan siswa yang diajar
dengan menggunakan pendekatan sainstifik dan terdapat pengaruh pembelajaran
fisika dengan menggunakan model inkuiri terbimbing terhadap keterampilan
proses sains siswa pada usaha dan energi kelas X IPA SMAN 3 Bengkulu Tengah.
Kata kunci : Model inkuiri terbimbing, keterampilan proses sains.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 28 Jul 2023 08:27
Last Modified: 28 Jul 2023 08:27
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14062

Actions (login required)

View Item
View Item