PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN SIMULASI PhET DI KELAS XI IPA-C SMAN 6 KOTA BENGKULU

Agusmin, Rexi and Nirwana, Nirwana and Nyoman, Rohadi (2018) PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN SIMULASI PhET DI KELAS XI IPA-C SMAN 6 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Skripsi Rexi Agusmin (A1E014055).pdf] Text
Skripsi Rexi Agusmin (A1E014055).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas pada konsep gelombang cahaya yang
dilaksanakan dalam tiga siklus bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar,
motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
XI IPA-C SMAN 6 Kota Bengkulu yang berjumlah 36 siswa. Hasil penelitian ini
menunjukan bahwa jumlah skor rata-rata aktivitas belajar siswa siklus I sebesar 24 dalam
kategori aktif, siklus II sebesar 29 dalam kategori aktif, dan siklus III sebesar 30 dalam
kategori aktif. Motivasi belajar siswa sebelum mengikuti proses pembelajaran berada
pada kategori rendah dengan skor rata-rata yaitu 44,15, dan pada saat setelah mengikuti
proses pembelajaran skor rata-rata motivasi belajar siswa meningkat menjadi 65,15 yang
berada pada kategori tinggi. Hasil belajar kognitif siswa pada siklus I yaitu daya serap
sebesar 73,05% dan ketuntasan belajar sebesar 66,66% (belum tuntas), pada siklus II
diperoleh daya serap sebesar 77,77% dan ketuntasan belajar sebesar 86,11% (tuntas),
pada siklus III diperoleh daya serap sebesar 85,14% dan ketuntasan belajar sebesar 100%
(tuntas). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model
Problem Based Learning berbantuan simulasi PhET dapat meningkatkan aktivitas belajar,
motivasi belajar dan hasil belajar siswa.
Kata kunci : Model Problem Based Learning, Simulasi PhET, Aktivitas Belajar, Motivasi
Belajar Siswa, Hasil Belajar kognitif

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 28 Jul 2023 08:52
Last Modified: 28 Jul 2023 08:52
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14070

Actions (login required)

View Item
View Item