NERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP MOMENTUM DAN IMPULS DI KELAS X MIA2 SMAN 08 KOTA BENGKULU

Robinsi, Robinsi and Purwanto, Andik and Dedy, Hamdani (2018) NERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP MOMENTUM DAN IMPULS DI KELAS X MIA2 SMAN 08 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Robinsi (A1E013033).pdf] Text
Robinsi (A1E013033).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Robinsi. 2018. Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk
Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Momentum dan
Impuls di Kelas X MIA2 SMA Negeri 08 Kota Bengkulu. Bengkulu : Progran
Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Bengkulu, 2018. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktifitas dan hasil belajar siswa
melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS)
pada konsep momentum dan impuls di kelas X MIA2 SMAN 08 Kota Bengkulu.
Penelitian ini dilakukan di kelas X.2 SMA Negeri 08 Kota Bengkulu dan
merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian
dilakukan sebanyak tiga siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes
tiap siklus, tes yang digunakan berupa tes pilihan ganda dan LKS. Data tes
dianalisis secara deskriptif dengan nilai rata-rata siswa, presentase daya serap
secara kalsikal, dan persentase ketuntasan belajar. Hasil analisis menunjukkan
hasil belajar siswa pada aspek kognitif diperoleh skor rata-rata 77,86 pada siklus I
meningkat menjadi 77,97 pada siklus II dan 81,42 pada siklus III. Daya serap
sebesar 77,86 % pada siklus I meningkat 77,97 % pada siklus II, dan meningkat
menjadi 81,42 % pada siklus III serta untuk ketuntasan belajar sebesar 86,11 %
pada siklus I menurun menjadi 75 % pada siklus II kemudian meningkat lagi
menjadi 94,44 % pada siklus III. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dengan
menerapkan model kooperatif tipe think pair share dapat membantu siswa
meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa di kelas X MIA2 SMA
Negeri 08 Kota Bengkulu. Pembelajaran dengan menerapkan model kooperatif
tipe think pair share ini sangat bermanfaat bagi guru untuk mengatasi kesulitan
belajar siswa, karena itu guru dianjurkan untuk menerapkan model pembelajaran
ini sebagai salah satu upaya untuk mengatasi siswa-siswa yang mengalami
masalah dalam belajar konsep-konsep fisika.
Kata kunci : Model kooperatif tipe think pair share,Hasil Belajar dan aktivitas
belajar siswa.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 28 Jul 2023 09:00
Last Modified: 28 Jul 2023 09:00
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14073

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200