Daulay, Sari and Dedy, Hamdani and Desy, Hanisa Putri (2018) PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 5E DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP USAHA DAN ENERGI DI KELAS X MIA.4 (SMAN 08 KOTA BENGKULU). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI DAULAY 2.pdf [thumbnail of SKRIPSI DAULAY 2.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI DAULAY 2.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Telah dilaksanakan Penelitian Tindakan Kelas dalam tiga siklus, masing-masing
siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan
refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap ilmiah dan hasil
belajar usaha dan energi dengan penerapan model pembelajaran Learning Cycle
5E dengan pendekatan saintifik. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA.4
SMA Negeri 08 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian yang digunakan adalah
lembar observasi untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa, lembar angket
untuk mendeskripsikan sikap ilmiah siswa, lembar tes untuk mendeskripsikan
hasil belajar usaha dan energi. Hasil analisis data observasi aktivitas guru siklus I
diperoleh skor rata-rata 26 (kriteria baik), pada siklus II mengalami peningkatan
menjadi 28 (kriteria baik), pada siklus III aktivitas guru kembali meningkat
hingga skor rata-rata m encapai skor maksimal yaitu 29 (kriteria baik). Hasil
analisis data observasi aktivitas siswa siklus I diperoleh skor rata-rata 24,5
(kriteria baik), pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 26,5 (kriteria baik),
pada siklus III aktivitas siswa kembali meningkat hingga skor rata-rata mencapai
skor maksimal yaitu 28,5 (kriteria baik). Hasil penelitian menunjukkan bahwa
skor rata-rata sikapilmiah pada siklus I sebesar 64,54 (kriteria baik), pada siklus II
sebesar 66,23 (kriteria sangat baik), dan pada siklus III sebesar 67,37 (kriteria
sangat baik). Nilai rata-rata hasil belajar konsep usaha dan energy pada siklus I
sebesar 77,71 dengan ketuntasan belajar 88,57%, pada siklus II sebesar 83 dengan
ketuntasan belajar 94,28%, dan pada siklus III 90,28 dengan ketuntasan belajar
100%. Disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan model learning cycle
5E dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan sikap ilmiah dan hasil belajar
pada konsep usaha dan energi.
Kata kunci: Aktivitas Guru, Aktivitas Siswa, Sikap Ilmiah, Hasil Belajar usaha
dan energi, Model Learning Cycle 5E, Pendekatan Saintifik.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 28 Jul 2023 09:10 |
Last Modified: | 28 Jul 2023 09:10 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14077 |