Fadilah, Siti and Andik, Purwanto and Eko, Risdianto (2018) PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP ALAT-ALAT OPTIK KELAS XI SMAN 1 MUKOMUKO (Clasroom Action Research). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![skripsi.pdf [thumbnail of skripsi.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Telah dilakukan penelitian tindakan kelas di kelas XI IPA 4 SMAN 1
Mukomuko, yang bertujuan untuk mengukur peningkatan sikap ilmiah, hasil
belajar dan aktivitas belajar siswa pada konsep Alat-Alat Optik yang dilakukan
dalam tiga siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA 4
yang berjumlah 35 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sikap ilmiah
pada siklus I sebanyak 8 siswa pada kategori baik, pada siklus II 23 siswa, dan
meningkat pada siklus III 28 siswa. Hasil belajar siswa aspek pengetahuan pada
siklus I diperoleh ketuntasan belajar sebesar 60% (belum tuntas), meningkat pada
siklus II diperoleh ketuntasan belajar sebesar 80% (belum tuntas), dan meningkat
pada siklus III diperoleh ketuntasan belajar sebesar 88,6% (tuntas). Hasil belajar
aspek keterampilan pada siklus I diperoleh sebesar 72,26, pada siklus II sebesar
77,8, siklus III sebesar 84, pada predikat terampil. Aktivitas belajar siswa pada
siklus I dengan rata-rata skor sebesar 38 pada kategori aktif, siklus II sebesar 42
pada kategori aktif dan siklus III sebesar 46,5 pada kategori aktif. Berdasarkan
hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri
terbimbing dapat meningkatkan sikap ilmiah, hasil belajar dan aktivitas belajar
siswa kelas XI IPA 4 SMAN 1 Mukomuko pada konsep Alat-Alat Optik.
Kata kunci: Model Inkuiri Terbimbing, Sikap ilmiah siswa, Hasil belajar,
Aktivitas belajar siswa
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Chemistry Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 01 Aug 2023 03:09 |
Last Modified: | 01 Aug 2023 03:09 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14082 |