PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN STRATEGI KONFLIKKOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR DANKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DI KELAS X SMAN 1 MUKOMUKO (quasy eksperimental design)

Rolanda, Yola and Rohadi, Nyoman and Dedi, Hamdani (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN STRATEGI KONFLIKKOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR DANKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DI KELAS X SMAN 1 MUKOMUKO (quasy eksperimental design). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of proposal penelitian yola.pdf] Text
proposal penelitian yola.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Yola Rolanda, 2018.”Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah
dengan Strategi Konflik Kognitif terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan
Berpikir Kritis Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 1 Mukomuko”. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah
dengan strategi konflik kognitif terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir
kritis siswa kelas X IPA di SMA Negeri 1 Mukomuko yang berjumlah empat
kelas. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purpossive sampling
sehingga diperoleh kelas X IPA 1 yang berjumlah 33 siswa sebagai kelas
eksperimen dan kelas X IPA 3 yang berjumlah 33 siswa sebagai kelas kontrol.
Pengambilan data penelitian menggunakan tes hasil belajar kognitif berupa soal
uraian (4 butir) dan tes kemampuan berpikir kritis berupa soal uraian (5 indikator)
pada konsep Momentum dan Impuls. Analisis data menggunakan uji-t dua sampel
independen, diperoleh skor rata-rata posttest kelas eksperimen berbeda signifikan
dengan skor rata-rata posttest kelas kontrol dengan thitung = 2,087501 > ttabel =
1,99773 pada taraf signifikan 0,05, dengan skor rata-rata posttest kelas
eksperimen lebih besar daripada skor rata-rata posttest kelas kontrol. Analisis data
menggunakan uji-t paired data sebelum pembelajaran dan sesudah pembelajaran
diperoleh thitung = 2,036933334 > ttabel = 1,116090326 pada taraf signifikan 0,05.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran
berbasis masalah dengan strategi konflik kognitif terhadap hasil belajar dan
kemampuan berpikir kritis.
Kata kunci : model pembelajaran berbasis masalah, strategi konflik kognitif, hasil
belajar, KBK

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Physics Science
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 01 Aug 2023 08:38
Last Modified: 01 Aug 2023 08:38
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14105

Actions (login required)

View Item
View Item