PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA KELAS X DI SMAN 1 SELUMA (Quasi Experiment Research)

Rahmadiah, Yunisa and Purwanto, Andik and Indra, Sakti Lubis (2018) PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA KELAS X DI SMAN 1 SELUMA (Quasi Experiment Research). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI YR fix.pdf] Text
SKRIPSI YR fix.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk (1) untuk menghitung
perbedaan yang signifikan kemampuan berfikir kritis siswa yang diajar dengan
menggunakan model inkuiri terbimbing dan model konvensional pada kelas X di
SMAN 1 Seluma (2) untuk menentukan pengaruh model inkuiri terbimbing
terhadap kemampuan berfikir kritis siswa di kelas X di SMAN 1 Seluma. Jenis
penelitian ini adalah Quasi Experiment Research tipe nonequivalent control group
design. Sampel penelitian adalah kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen yang
berjumlah 34 siswa dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 36
siswa yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Data kuantitatif
diperoleh dari pretest dan posttest untuk mengukur kemampuan berfikir kritis
siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t dengan Software
Microsoft Excel 2010. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat
perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diajar dengan
menggunakan pendekatan saintifik dengan model inkuiri terbimbing dengan siswa
yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Hal ini ditunjukkan oleh
thitung 4,82 > ttabel 1,99 pada taraf signifikan 95% (2) terdapat pengaruh
penggunaan model inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berfikir kritis di SMA
N 1 Seluma Hal ini ditunjukkan dengan adanya kenaikan hasil tes kemampuan
berfikir kritis siswa setelah diterapkannya model inkuiri terbimbing, berarti model
inkuiri terbimbing meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa.
Kata Kunci : Model Inkuiri Terbimbing, Kemampuan Berfikir Kritis, Quasi
Eksperimen

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Physics Science
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 01 Aug 2023 08:38
Last Modified: 01 Aug 2023 08:38
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14108

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200