Ningmentari, Nicky Wulan and Amrul, Bahar and Hermansyah, Amir (2017) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL KIMIA PADA MATERI KONSENTRASI LARUTAN DI KELAS XI SMK NEGERI 1 PADANG JAYA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI.pdf [thumbnail of SKRIPSI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
ABSTRAK
NICKY WULAN NINGMENTARI
A1F010012
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis dan faktor penyebab
kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal pada materi
konsentrasi larutan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Padang Jaya tahun ajaran
2016/2017 yang terdiri dari lima kelas dengan total 101 siswa. Instrumen
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes dan
wawancara. Analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data
dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kesalahan yang dilakukan oleh
siswa dalam menyelesaikan soal materi konsentrasi larutan terdiri dari dua.
Petama, kesalahan konseptual dengan letak kesalahan, yaitu: (1) siswa salah
dalam menulis apa yang ditanya dan diketahui, (2) siswa salah dalam menulis
rumus, dan (3) siswa salah dalam konsep materi. Kesalahan kedua, kesalahan
prosedural dengan letak kesalahan yaitu: (1) salah dalam melakukan operasi
hitung, (2) salah dalam menuliskan satuan, (3) kesalahan dalam melanjutkan
perhitungan, dan (4) salah dalam menuliskan hasil perhtungan akhir. Faktor
penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pada materi konsentrasi
larutan, yaitu: (1) siswa kurang teliti dalam menelaah dan memahami soal, (2)
siswa kurang memahami konsep materi, dan (3) siswa kurang teliti melakukan
dan melanjutkan perhitungan. Berdasarkan hasil analisis rata-rata persentase
kesalahan konseptual yang dilakukan masing-masing kelas untuk setiap soal
sebesar 46,03% sedangkan kesalahan prosedural sebesar 56,67%. Dari hasil
tersebut terlihat bahwa masih banyak siswa yang melakukan kesalahan dalam
menyelesaikan soal dan belum mencapai nilai ketuntasan belajar sesuai KKM
yaitu: 70.
Kata Kunci: Analisis, Kesalahan, konsentrasi larutan
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Chemistry Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 02 Aug 2023 03:56 |
Last Modified: | 02 Aug 2023 03:56 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14109 |