Sari, Intan Indah and Ruyani, Aceng and Ariefa, P yani (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) SMA MELALUI KEGIATAN INDOOR-OUTDOOR-INDOOR (IOI) UNTUK MENILAI HASIL BELAJAR PADA MATERI IDENTIFIKASI ANCAMAN POPULASI DALAM UPAYA KONSERVASI KURA-KURA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI FIX.pdf [thumbnail of SKRIPSI FIX.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI FIX.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
ABSTRAK
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (RnD).
Penelitian ini bertujuan untuk: 1.Mengidentifikasi ancaman populasi lima jenis kura-kura
sumatera di kawasan konservasi ex situ kura-kura Sumatera Turtle Learning Center
(TLC), 2.Menguji kevalidan LKPD yang dikembangkan melalui kegiatan IOI sehingga
layak digunakan pada materi identifikasi Ancaman Populasi, 3.Menganalisis
meningkatnya hasil belajar dan upaya konservasi kura-kura peserta didik melalui
implementasi LKPD hasil pengembangan dengan kegiatan IOI. Penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Pembelajaran dengan menggunakan strategi
indoor-outdoor menggunakan LKPD identifikasi ancaman populasi lima jenis kura-kura
sumatera. Untuk menilai hasil belajar peserta didik menggunakan tes tertulis berupa
pretest dan posttest, sedangkan untuk menilai upaya konservasi peserta didik
menggunakan angket identifikasi ancaman populasi dalam upaya konservasi kura-kura.
Pembelajaran indoor dilaksanakan di sekolah dan pembelajaran outdoor dilaksanakan
ditempat konservasi kura-kura Sumatera di Universitas Bengkulu. Hasil Identifikasi
ancaman populasi kura di TLC bahwa TLC “layak” dijadikan tempat konservasi kura�kura sumatera. Uji kelayakan bahan ajar LKPD berupa aspek materi dengan presentase
89,5% dan aspek kebahasaan, dengan persentase 95,5% memiliki kriteria “sangat valid”
untuk di uji cobakan dilapangan. Ketuntasan belajar klasikal (kognitif) dengan persentase
84,76%, tuntas secara klasikal. upaya konservasi awal peserta didik dengan persentase
58,6% dan upaya konservasi akhir peserta didik dengan persentase 65,3%, mengalami
peningkatan 27,03%. Berdasarkan persentase dari skor rata-rata hasil validasi oleh ahli
dan uji keterbacaan dapat disimpulkan bahwa LKPD melalui kegiatan IOI yang
dikembangkan sangat valid dan sangat layak untuk digunakan sebagai bahan ajar di
sekolah pada sub materi keanekaragaman hayati X SMA.
Kata kunci: Pengembangan lembar kegiatan peserta didik, kegiatan IOI,
konservasi
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Math & Natural Science > Department of Biology Science |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 03 Aug 2023 02:14 |
Last Modified: | 03 Aug 2023 02:14 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14148 |