Arrosid, Muhammad Reza and Yennita, Yennita and Bhakti, Karyadi (2018) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X IPA3 SMA NEGERI 1 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Skripsi M.Reza Arrosid.pdf [thumbnail of Skripsi M.Reza Arrosid.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi M.Reza Arrosid.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Abstrak
PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS)
UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
PESERTA DIDIK KELAS X IPA3 SMA NEGERI 1 KOTA BENGKULU
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa dalam
pembelajaran serta untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik
melalui penerapan model kooperatif tipe think pair share (TPS). Jenis penelitian
yang digunakan dalam penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
metode deskriptif. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus
terdirir dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi yang digunakan
untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa, serta lembar tes untuk mengukur
kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil analisis data observasi aktivitas guru
siklus I diperoleh skor rata-rata 24,5 (baik) dan siklus II meningkat menjadi 27
(baik). Untuk hasil analisis data observasi aktivitas siswa juga mengalami
peningkatan dari siklus I diperoleh skor 24,5 (baik), meningkat menjadi 27 (baik).
Peningkatan aktivitas guru dan aktivitas siswa diikuti pula oleh peningkatan
kemampuan berpikir kritis siswa pada materi perubahan dan pelestarian
lingkungan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I kemampuan berpikir kritis
siswa memperoleh persentase klasikal 56,43% dengan kriteria cukup kritis,
meningkat disiklus II menjadi 72,50% dengan kriteria kritis. Berdasarkan hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model Think Pair Share
dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan kemampuan berpikir kritis
siswa.di kelas X IPA3 SMAN 1 Kota Bengkulu.
Kata kunci: Model Kooperatif, Think Pair Share, Berpikir Kritis.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Math & Natural Science > Department of Biology Science |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 03 Aug 2023 02:15 |
Last Modified: | 03 Aug 2023 02:15 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14150 |