PROFIL PERILAKU MENCARI BANTUAN AKADEMIK (ACADEMIC HELP SEEKING) DITINJAU DARI MASALAH BELAJAR DAN JENDER PADA SISWA SMP NEGERI 3 KOTA BENGKULU

Swadharma, Komang Gangga and Hadiwinarto, Hadiwinarto and vira, Afriyati (2018) PROFIL PERILAKU MENCARI BANTUAN AKADEMIK (ACADEMIC HELP SEEKING) DITINJAU DARI MASALAH BELAJAR DAN JENDER PADA SISWA SMP NEGERI 3 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI Komang Gangga Swadharma (A1L014001).pdf] Text
SKRIPSI Komang Gangga Swadharma (A1L014001).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil Academic Help Seeking
berdasarkan tingkat dan aspek masalah belajar siswa dan jender. Sampel
penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 03 kota bengkulu yang berjumlah 130
orang yang terdiri dari 58 siswa laki-laki dan 72 siswa perempuan. Data
dikumpulkan dengan menggunakan AUM PTSDL untuk mengungkapkan aspek
dan tingkat masalah belajar siswa dan skala academic help seeking untuk
menggumpulkan data perilaku mencari bantuan akademik. Data dianalisis dengan
menggunakan statistik deskriptif dan komparatif. Hasil penelitian menunjukkan
(1) kecendrungan profil perilaku mencari bantuan (academic help seeking)
terdistribusi pada aspek Prasyarat Penguasaan Materi Pelajaran (P), Keterampilan
Belajar (T), Sarana Belajar (S), dan Lingkungan Belajar dan Sosioemosional (L).
Perilaku mencari bantuan ada pada setiap aspek masalah belajar tersebut, (2)
Kecenderungan profil Academic Help Seeking terdistribusi menurut laki-laki dan
perempuan, (3) tidak ada perbedaan academic help seeking ditinjau dari tingkat
dan setiap aspek masalah belajar siswa, (4) ada perbedaan academic help seeking
yang signifikan antara siswa laki-laki dan perempuan pada semua aspek masalah
belajar.
Kata kunci : academic help seeking, masalah belajar, jender.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 04 Aug 2023 08:18
Last Modified: 04 Aug 2023 08:18
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14218

Actions (login required)

View Item
View Item