Handayani, Repi and Hartuti, Pudji and Illawaty, Sulian (2018) PENGARUH KONSELING KELOMPOK TERHADAP SISWA YANG MENGALAMI STRES DALAM BELAJAR DI SMP NEGERI 1 BENGKULU TENGAH. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Skripsi REPI HANDAYANI.pdf [thumbnail of Skripsi REPI HANDAYANI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi REPI HANDAYANI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh konseling
kelompok terhadap siswa yang mengalami stres dalam belajar. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan one group pre�test post-test design. Sampel penelitian sebanyak 8 orang siswa kelas VII.5 SMP
Negeri 1 Bengkulu Tengah, yang diambil dengan teknik purposive sampling.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala sikap stres
belajar. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan layanan
konseling kelompok terhadap siswa yang mengalami stres belajar. Hal ini
ditunjukkan dari hasil uji perbedaan sebelum dan sesudah diberikan layanan
konseling kelompok terhadap tingkat stres dalam belajar siswa yaitu dengan
menggunakan uji z yang hasilnya z= -2.524 jadi p>0,05. Dapat ditarik kesimpulan
bahwa pelaksanaan layanan konseling kelompok berpengaruh terhadap siswa
yang mengalami stres dalam belajar di SMP Negeri 1 Bengkulu Tengah.
Kata kunci: Stres Belajar, Konseling Kelompok
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 04 Aug 2023 08:45 |
Last Modified: | 04 Aug 2023 08:45 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14233 |