Yiying, Yiying and Hadiwinarto, Hadiwinarto and Arsyadani, Mishbahuddin (2018) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PEMBENTUKAN PERILAKU RELIGIUS SISWA KELAS XII MULTIMEDIA 1 DI SMK NEGERI 1 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI .pdf [thumbnail of SKRIPSI .pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI .pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan bimbingan
kelompok terhadap pembentukan perilaku religius pada siswa kelas XII
Multimedia 1 di SMK N 1 Kota Bengkulu. Desain yang digunakan adalah pre
test-post test design. Sampel dalam penelitian ini adalah 10 orang siswa dari kelas
XII Multimedia 1 yang memiliki perilaku religius yang masih rendah dan sangat
rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket.
Teknik analisis data menggunakan uji z. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa
perilaku religius siswa meningkat setelah diberikan layanan bimbingan kelompok,
hal ini terlihat dari mean pretest 120.77 dan mean posttest 22,60 dengan nilai Z= -
2.807 dan p= 0.005 maka p<0.05, kesimpulannya H0 ditolak artinya terdapat
pengaruh yang signifikan antara skor perilaku religius siswa sebelum dan sesudah
diberikan layanan bimbingan kelompok. Kontribusi pengaruh layanan bimbingan
kelompok dalam meningkatkan pemahaman penyimpangan perilaku sosial siswa
di lihat dari indeks koefisien determinasi (r2
) menunjukan hasil 5%.
Kata kunci: perilaku religius, layanan bimbingan kelompok.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 08 Aug 2023 02:14 |
Last Modified: | 08 Aug 2023 02:14 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14247 |