Akbar, Alheru and Sofyan, Dedi and Indah, Damayanti (2017) FACTORS CAUSING FOREIGN LANGUAGE ANXIETY (FLA) IN SPEAKING (A Study of the Third Semester Students at the English Education Study Program of Universitas Bengkulu in Academic Year 2017/2018). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![ALHERU AKBAR (PDF).pdf [thumbnail of ALHERU AKBAR (PDF).pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ALHERU AKBAR (PDF).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
ABSTRAK
Akbar, Alheru. 2017. Factors Causing Foreign Language Anxiety in Speaking (A
Study of the Third Semester Students at the English Education Study
Program of Universitas Bengkulu in Academic Year 2017/2018).
Undergraduate Thesis. Bengkulu: Language and Art Department. Bengkulu
University (64 Halaman)
Keywords: Kecemasan dalam Bahasa Asing, Berbicara.
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui faktor penyebab kecemasan
dalam berbahasa asing pada kemampuan berbicara. Penelitian ini dilakukan dengan
menerapkan model penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dari penelitian ini
adalah mahasiswa semester tiga program studi pendidikan Bahasa Inggris di
Universitas Bengkulu tahun ajaran 201/2018. Sampel penelitian diambil dengan
cara tehnik sampel menyeluruh, yakni 79 mahasiswa. Data penelitian diambil
dengan menggunakan kuisioner yang teridiri dari 29 pertanyaan yang berhubungan
dengan kegelisahan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa hampir seluruh
mahasiswa memiliki kegelisahan. Ada tiga faktor penyebab utama yang
menyebabkan mahasiswa memiliki kecemasan dalam berbahasa asing; Kecemasan
akan tes “Test Anxiety” (Berpengaruh; Mean Score: 3.09), Takut akan Evaluasi
Negatif “Fear of Negative Evaluation” (Berpengaruh;Mean Score: 3.00), dan
Ketakutan Berkomunikasi “Communication Apprehension” (Berpengaruh; Mean
Score: 2.90). Sebagai kesimpulan, bahwa ada tiga faktor utama yang menyebabkan
kecemasan mahasiswa berkomunikasi dalam bahasa asing, dan faktor yang paling
dominan adalah Ketakutan akan tes “Test Anxiety”. Sebagai tambahan, dari
kategori ketakutan akan tes, ditemukan bahwa hampir seluruh mahasiswa takut
dengan konsekuensi gagal dalam kelas berbicara.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of English Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 08 Aug 2023 02:14 |
Last Modified: | 08 Aug 2023 02:14 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14253 |