Widiarti, Deni and Suwarno, Bambang and Dedi, Sofyan (2018) THE EFFECT OF “SCHEMA DEVELOPMENT TECHNIQUE” ON STUDENTS’ READING ABILITY AT SENIOR HIGH SCHOOL STUDENT. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![devi ok.pdf [thumbnail of devi ok.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
devi ok.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (17MB)
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk melihat dampak teknik schema development
pada kemampuan membaca siswa di Sekolah Menengah Atas. Selain itu
juga bertujuan untuk menemukan apakah Schema Development Tecnique
mampu meningkatkan kemampuan membaca siswa pada aspek literal,
aspek inference dan aspek vocabulary. Populasi penelitian ini adalah
siswa kelas X SMA Negeri 4 Rejang Lebong, terdiri dari dua kelas yang
dipilih sebagai sampel penelitian. Instrument adalah test kemampuan
membaca. Draft instrument telah di uji coba dengan nilai r = 0.898 ( tinggi
). Uji coba telah dilaksanakan untuk menemukan validitas dan karakteristik
soal dari draft asli. Dari 90 soal uji coba, 42 soal valid dan 48 soal tidak
valid. Indeks reliability adalah 0.898 ( tinggi ). Hasil dari penelitian ini
membuktikan bahwa teknik Schema Development efektif untuk
meningkatkan kemampuan membaca siswa secara keseluruhan. Selain
itu juga efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa pada dua aspek
(aspect literal dan aspect vocabulary). Akan tetapi, Teknik Schema
Development tidak efektif dalam meningkatkan aspek inference. Hal
tersebut disebabkan oleh kemampuan inference membutuhkan
kemampuan awal tentang teks yang dibaca.
Kata Kunci :Teknik Schema Development, Kemampuan Membaca,
TEFL
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of English Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 08 Aug 2023 02:15 |
Last Modified: | 08 Aug 2023 02:15 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14263 |