Putra, Dian Purnando and Syahrial, Syahrial and Mei, Hardiah (2018) STUDENTS’ FILLERS IN SHORT SPEECHES: A STUDY AT THE FOURTH SEMESTER OF THE ENGLISH EDUCATION STUDY PROGRAM OF UNIVERSITAS BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![DIAN PURNANDO PUTRA_SKRIPSI (PDF).pdf [thumbnail of DIAN PURNANDO PUTRA_SKRIPSI (PDF).pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DIAN PURNANDO PUTRA_SKRIPSI (PDF).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
ABSTRAK
Dian Purnando Putra. (2018). Fillers dalam Pidato Singkat Mahasiswa : Studi di
Semester Ke-empat Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas
Bengkulu.Skripsi. Bengkulu: Universitas Bengkulu. Pembimbing:. Dr. Syahrial,
M.A. M.Phil., Co.Pembimbing: Mei Hardiah, S.S., M.A
Penelitian ini berfokus pada penggunaan Fillers berdasarkan teori Rose (1994)
untuk jenis Fillers, dan teori Baleen dan Strenstroms (2011) untuk fungsi Fillers.
Penelitian ini dirancang sebagai penelitian kualitatif deskriptif. Tujuan penelitian
ini adalah untuk mengetahui penggunaan Fillers pada Semester Keempat
Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Bengkulu. Ada 16 subjek
dalam penelitian ini. Dalam penelitian ini, peneliti mengidentifikasi ujaran dari
setiap siswa dengan menggunakan daftar observasi. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa semua siswa menggunakan Fillers dalam pidato singkat
mereka. Mereka semua menggunakan kedua jenis Fillers yakni lexicalized seperti
Okay, well dan Lainnya dan unlexicalized filllers seperti ee,em dan lainnya.
Dalam penelitian ini juga, peneliti menemukan beberapa filles yang tidak dapat
di-identifikasi apakah mereka termasuk kedalam lexicalized fillers atau
unlexicalized filler karena mereka bukan ungkapan singkat seperti definisi dari
kedua jenis fillers tersebut.Contoh dari Uncategorized Fillers tersebut adalah „‟I
want to learn‟‟. Peneliti menemukan fungsi Fillers yang digunakan siswa.
Fungsi-fungsi tersebut hesitating, empathizing, editing term, and time-creating
devices. Peneliti menemukan bahwa seluruh subjek penelitian tidak menggunakan
mitigating function dalam pidato pendek yang mereka ucapkan karena situasi saat
peneliti mengambil data bukanlah situasi formal yang memungkinkan munculnya
fungsi mitigating tersebut. Peneliti berharap penelitian ini dapat memberikan
informasi dang pengetahuan baru mengai fillers kepada pembaca dan terkhusus
pada mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Bengkulu karena hampir
semua mahasiswa yang telah peneliti tanya mengenai fillers tidak memahami apa
definisi dan jenis fillers tersebut.
Kata kunci: Berbicara, Pengisi, Pidato Singkat
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of English Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 08 Aug 2023 02:16 |
Last Modified: | 16 Aug 2023 04:31 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14268 |