Herlina, Herlina and Suwarno, Bambang and Elfrida, Elfrida (2018) METACOGNITIVE STRATEGY AND STUDENT’S READING COMPREHENSION: AN EXPERIMENTAL STUDY AT SMK N 1 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![herlina.pdf [thumbnail of herlina.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
herlina.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
ABSTRAK
Herlina. (2018). Metacognitive Strategy and Student’s Reading Comprehension:
An Experimental Study at SMK N 1 Kota Bengkulu. Skripsi, Program Studi
Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Bengkulu. Pembimbing Utama Drs. Bambang Suwarno, M.A.,Ph.D.
Pembimbing Pendamping Dra. Elfrida, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi
metakognitif terhadap pemahaman bacaan siswa. Desainnya semaksimal
eksperimen. Sampel terdiri dari 69 siswa dalam dua kelas. Instrumen terdiri dari
tes baca yang telah dicoba. Perlakuan untuk kelompok eksperimen adalah strategi
metakognitif dan untuk kelompok kontrol adalah strategi yang guru gunakan di
kelas. Data dikumpulkan melalui pre-test dan post-test. Aktivitas di kelas
berlangsung selama enam pertemuan, dua pertemuan untuk pre-test dan post-test
dan empat pertemuan untuk mengajar di kelas. Analisis data menggunakan Uji
Wilcoxon dan Uji Mann-Whitney. Uji Wilcoxon untuk kelompok kontrol
menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara pre-test dan post�test. Uji Wilcoxon untuk kelompok eksperimen menunjukkan bahwa ada
perbedaan yang signifikan antara pre-test dan post-test. Uji Mann-Whitney untuk
pre-test menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara kelas
eksperimen dan kontrol. Uji Mann-Whitney untuk post-test menunjukkan bahwa
ada perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol. Hasil dari
penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara pre-test and
post-test untuk kelas ekperimen dan ada perbedaan yang signifikan antara kelas
eksperimen dan kontrol untuk hasil post-test. Hal ini menunjukkan bahwa ada
pengaruh strategi metakognitif terhadap pemahaman bacaan siswa.
Kata Kunci: Strategi Metakognitif, Pemahaman Bacaan Siswa, TEFL.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of English Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 08 Aug 2023 02:18 |
Last Modified: | 08 Aug 2023 02:18 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14282 |