Viana, Hilda Septi and Safnil, Safnil and Arono, Arono (2018) A SURVEY ON TEACHERS USE OF EFFECTIVE STRATEGIES IN ENCOURAGING STUDENTS TO PARTICIPATE IN ENGLISH CLASSROOM INTERACTION. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![THESIS HILDA SEPTI VIANA A2B106014.pdf [thumbnail of THESIS HILDA SEPTI VIANA A2B106014.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
THESIS HILDA SEPTI VIANA A2B106014.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (35MB)
Abstract
ABSTRAK
Salah satu aspek penting dalam proses belajar mengajar adalah strategi
pengajaran. Penggunaan strategi pengajaran yang tidak tepat akan
menyebabkan kegagalan dalam pengajaran dan pembelajaran. Tujuan
dari penelitian ini adalah mengetahui strategi yang digunakan oleh guru
Bahasa Inggris dalam mendorong siswa untuk berpartisipasi dalam
interaksi kelas, alasan penggunaannya, dan bagaimana guru
menggunakan strategi tersebut. Metode campuran dipilih dalam penelitian
ini mencakup 21 guru Inggris SMA di Kabupaten Kepahiang. Instrumen
penelitian ini adalah kuesioner yang dianalisis dengan menggunakan
persentase, observasi ke dua guru, dan wawancara kepada satu guru.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) yang dipilih adalah kerja
kelompok kecil diikuti dengan diskusi kelas dan strategi pembelajaran
kooperatif, (2) memberikan kesempatan yang baik bagi siswa untuk
berlatih, bekerja sama, belajar dan mengartikulasikan materi menjadi
alasan kuat bagi guru untuk memilih strategi, dan (3) presentasi melalui
Power Point dan Prezi serta menyediakan sumber pembelajaran online
yang digunakan oleh para guru. Sebagai kesimpulan, pertama, strategi
pengajaran kerja kelompok kecil menjadi yang paling dipilih dan kemudian
diikuti oleh strategi lain, diskusi kelas, dan pembelajaran kooperatif.
Kedua, para guru lebih menyukai strategi-strategi tersebut untuk
memungkinkan para siswa mempraktikkan keterampilan,
mengembangkan keterampilan sosial, memberi kesempatan untuk tampil
dalam lingkungan yang mendukung, membantu siswa belajar dan
memotivasi mereka untuk menyelesaikan pekerjaan rumah dan
mempersiapkan diri untuk kelas. Akhirnya, para guru menggunakan
presentasi dan mengambil sumber pembelajaran online dalam mendorong
siswa untuk berpartisipasi dalam interaksi kelas. Lebih lanjut, beberapa
saran untuk melakukan penelitian eksperimental dengan membandingkan
beberapa strategi pengajaran dan melakukan penelitian tentang persepsi
siswa terhadap beberapa strategi pengajaran.
Kata Kunci: Tujuh Strategi Mengajar, Interaksi Kelas
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of English Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 08 Aug 2023 02:18 |
Last Modified: | 08 Aug 2023 02:18 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14283 |