AN ANALYSIS OF DISCOURSE MARKERS USED BY PANELISTS AT THE PANEL DISCUSSION IN THE OXFORD UNION YOUTUBE CHANNEL

Zahana, Melya and Azwandi, Azwandi and Mei, Hardiah (2018) AN ANALYSIS OF DISCOURSE MARKERS USED BY PANELISTS AT THE PANEL DISCUSSION IN THE OXFORD UNION YOUTUBE CHANNEL. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Skripsi Melya Zahana.pdf] Text
Skripsi Melya Zahana.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
ZAHANA, M (2018) An Analysis of Discourse Markers Used by Panelists
at The Panel Discussion in The Oxford Union Youtube Channel.
Skripsi. Program Studi Bahasa Inggris Jurusan Bahasa dan Seni.
Fakultas Keguruan dan Ilmu. Universitas Bengkulu.
Penelitian ini menyangkut penggunaan penanda Wacana berdasarkan teori
klasifikasi Biber dkk (1999) untuk jenis penanda Wacana, dan teori Brintons
(1996) dalam fungsi penanda wacana. Penelitian ini dirancang sebagai studi
analisis wacana. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan
penggunaan tipe dominan dan fungsinya oleh panelis pada diskusi panel di
saluran youtube oxford union. Ada 3 panelis dalam penelitian ini. Pada
penelitian ini, peneliti mengidentifikasi penanda wacana dari ketiga panelis
dengan menggunakan Daftar penanda Wacana. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa panelis menggunakan penanda wacana dalam pidato
mereka. Dari sepuluh jenis klasifikasi, panelis hanya menggunakan delapan
jenis penanda wacana, yaitu linking adverbial, stance adverbial, vocatives,
response elicitor, response form, hesitators, various polite speech-act formulae,
and expletives dan dua tipe yang tidak ditemukan, yaitu Interjection and
Greeting and Farewell. Dalam penelitian ini, peneliti menemukan tujuh puluh
delapan persen dari Penanda wacana yang digunakan oleh panelis adalah
Hesitators dan Stance Adverbia. Peneliti juga menemukan bahwa tipe dominan
penanda wacana memiliki fungsi yang berbeda, seperti untuk mengekspresikan
respon, untuk mengambil atau memberikan giliran yang memandu proses
interpretasi dari pendengar menuju makna keinginan, untuk mengekspresikan
sikap pembicara, untuk mengekspresikan berbagi, pengisi atau taktik menunda,
mengekspresikan perhatian dan keterlibatan emosional yang kuat, dan
mengoordinasikan asumsi antara apa yang telah dikatakan dan apa yang akan
mereka katakan, (Schiffrin; 1987, 2006; Blakemore, 2006; Brinton: 1996).
Peneliti yakin bahwa penelitian ini dapat memberikan kontribusi tentang
penanda Wacana kepada pembaca khususnya untuk mahasiswa Program Studi
Bahasa Inggris Universitas Bengkulu.
Kata kunci: Penanda Wacana, diskusi panel, klasifikasi penanda wacana,

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Aug 2023 02:19
Last Modified: 08 Aug 2023 02:19
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14295

Actions (login required)

View Item
View Item