A STUDY OF ENGLISH PREPOSITIONS ENCOUNTERED IN THESES ABSTRACT WRITTEN BY ENGLISH DEPARTMENT STUDENTS OF UNIVERSITY OF MUHAMMADIYAH BENGKULU (GRADUATED 2017)

Anugrah, Mildan and Kasmaini, Kasmaini and Dedi, Sofyan (2018) A STUDY OF ENGLISH PREPOSITIONS ENCOUNTERED IN THESES ABSTRACT WRITTEN BY ENGLISH DEPARTMENT STUDENTS OF UNIVERSITY OF MUHAMMADIYAH BENGKULU (GRADUATED 2017). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of THESIS MILDAN ANUGRAH.pdf] Text
THESIS MILDAN ANUGRAH.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preposisi yang digunakan dalam
abstrak yang ditulis oleh mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris yang lulus di
Universitas Muhammadiyah Bengkulu pada periode kedua tahun 2017. Penelitian
ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Data diambil dari abstrak yang
diterbitkan pada tahun 2017. Ada 20 abstrak yang diambil sebagai sampel dalam
penelitian ini. Checklist digunakan untuk menganalisis data. Kemampuan siswa
dalam menggunakan preposisi juga dianalisis dengan memeriksa kesalahan yang
ditemukan dalam abstrak. Hasilnya mengungkapkan bahwa preposisi tempat
adalah yang paling mendominasi sedangkan preposisi menunjukkan arah adalah
yang paling jarang muncul dalam abstrak tesis. Hal ini terjadi karena abstrak
berisi informasi tentang tempat atau lokasi tempat penelitian dilakukan. Selain itu,
kemampuan siswa dalam menggunakan preposisi pada umumnya sangat baik. Hal
ini dapat dilihat dari total preposisi yang muncul dalam abstrak tesis. Sebagian
besar preposisi yang digunakan dalam abstrak sudah benar. Namun, kesalahan
yang paling dominan muncul dalam hasil adalah preposisi waktu. Ini
menunjukkan bahwa siswa bingung dalam penggunaan preposisi waktu, terutama
preposisi waktu in, on, dan at. Disarankan untuk melakukan penelitian lain
tentang bidang yang sama, untuk menganalisis lebih dalam tentang preposisi pada
siswa lain dalam tulisan akademis, sehingga mereka dapat menemukan lebih
banyak berbagai macam bentuk tulisan essay dengan lebih banyak jenis kesalahan
pada penggunaan preposisi. Akhirnya, disarankan juga bahwa guru harus
memberikan lebih banyak pelajaran tentang aturan preposisi sehingga pembelajar
akan mampu menguasai penggunaan preposisi.
Kata kunci: Preposisi, Abstrak, Tesis

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Aug 2023 02:20
Last Modified: 08 Aug 2023 02:20
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14296

Actions (login required)

View Item
View Item